Analisis Harmonisa dan Rnancang Filter Single Tuned pada Transfomator Distribusi 1250 kVA di PT. Industri Kereta Api (Persero)

Dedy Ahmad Nur Farizi, I Gusti Ngurah Satriyadi, I Made Yulistya Negara
Submission Date: 2024-01-25 10:51:57
Accepted Date: 2024-05-06 08:35:14

Abstract


Hamonisa merupakan efek dari penggunaan bebean non linier yang tidak dapat di pisahkan dalam sistem tenaga listrik. Pada dunia industri banyak variasi beban penghasil harmonisa diantaranya penggunaan motor listrik, penggunaan power supply, penggunaan peralatan litrrik yang mengandung komponen semikonduktor, dan penggunaan computer. Salah satu dampak yang yang ditimbulkan adalah bertambahnya nilai rugi-rugi pada suatu sistem kelistrikan. PT. Industri Kereta Api (Persero) merupakan asset vital nasional yang bergerak di bidang industri kereta api. Selama ini, pada PT. Industri Kereta Api (Persero). belum pernah dilakukan pengukuran maupun analisis tentang harmonisa. Setelah dilakukan pengkuran pada transformator 1250 kVA di PT. industri Kereta Api (Persero) dan dilakukan analisis data didapat nilai %THD melebihi standart harmonisa yang ada pada SPLN. 004-1:2012. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisa lebih lanjut tentang pengaruh harmonisa terhadap rugi- rugi pada transformator dan penggunaan filter harmonisa. Hasil yang didapat dari analisis tersebut adalah nilai %THD dan nilai rugi rugi pada traformator sebelum dan setelah pemasangan filter harmoniusa.

Keywords


Harmonisa; Beban Non linier; Rugi-Rugi pada Transformator; THD; Filter Harmonisa

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung