Perencanaan Stasiun Kereta Api di Kota Makassar Berdasarkan Peramalan Demand 50 Tahun

A.Alfiana Setia Prabakti, Wahju Herijanto
Submission Date: 2024-02-14 03:55:49
Accepted Date: 2025-04-24 08:29:04

Abstract


Peningkatan permintaan transportasi kereta api di pulau Sulawesi disebabkan oleh sulitnya transportasi massal yang menghubungkan kota dan kabupaten. Salah satu proyek nasional di bidang transportasi ialah pembangunan jalan rel Kereta Api Trans Sulawesi pada rute Makassar-Parepare. Sistem transportasi kereta didukung dengan adanya stasiun yang berfungsi sebagai akses penumpang untuk naik dan turun dari moda transportasi kereta. Perencanaan stasiun merupakan pemberhentian terakhir dari rute Makassar - Parepare berlokasi di dekat pelabuhan New Port Makassar dengan perencanaan jalur ganda (double track) dan jalur layang (elevated). Untuk mendapatkan bentuk dan luasan stasiun, maka perlu mempertimbangkan demand penumpang kereta dan antrian pembelian tiket. Perencanaan dilakukan dengan mengumpulkan literatur mengenai perencanaan stasiun dan fasilitas stasiun diantaranya parkir dan perhentian bus. Metode yang digunakan untuk peramalan demand penumpang 50 tahun mendatang menggunakan metode regresi linier berdasarkan laju pertumbuhan jumlah penduduk dan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Kota Makassar. Analisis yang dilakukan pada perencanaan Stasiun Makassar diperoleh demand penumpang sebesar 3.200 penumpang/jam dengan kedatangan kereta setiap 30 menit dari pengoperasian stasiun selama 18 jam/hari. Luasan ruang loket dan ruang tunggu stasiun diperlukan untuk merancang dimensi stasiun menggunakan LOS (Level of Service). Luasan peron yang diperlukan untuk umur rencana 50 tahun mendatang berdasarkan jumlah penumpang sebesar 1.808 m2 dengan panjang 226 m dan lebar 8 m. Luasan bangunan stasiun sebesar 3.150 m2 dengan satu rangkaian kereta berkapasitas 800 penumpang. Antrian yang terjadi di stasiun pada saat pembelian tiket dan juga antrian parkir kendaraan menggunakan metode antrian FIFO (First In First Out). Fasilitas parkir Stasiun Makassar direncanakan parkir mobil yang dapat menampung 191 SRP dan parkir motor sebanyak 595 SRP. Adanya fasilitas perhentian bus sebagai konektivitas moda transportasi kereta dengan angkutan umum bus untuk memfasilitasi penumpang kereta yang hendak beralih ke transportasi umum bus.

Keywords


Demand Penumpang; Fasilitas Parkir; Integrasi; Peramalan; Stasiun

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs gacor 4d

Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung