STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH MAPPING IGNITION TIMING TERHADAP UNJUK KERJA DAN EMISI ENGINE SINJAI 650cc FI BERBAHAN BAKAR PERTALITE DENGAN PENGGUNAAN ECU SUMI-IT

Ahmad Gurnito, Bambang Sudarmanta
Submission Date: 2016-01-27 16:21:28
Accepted Date: 2016-03-18 07:51:09

Abstract


Kualitas bahan bakar sangat berpengaruh terhadap hasil unjuk kerja engine, Hal ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah untuk memasarkan bahan bakar varian PERTALITE dengan nilai RON 90 yang lebih tinggi dibanding bahan bakar varian PREMIUM RON 88,. Untuk itu, perlu dilakukan suatu penyesuaian ( setting ) untuk mengetahui perbedaan hasil unjuk kerja dan emisi gas buang dari penggunaan bahan bakar dengan properties yang berbeda tersebut, serta dibutuhkannya suatu pengembangan Engine Control Unit yang mampu  diprogram sehingga variasi pembakaran dari sisi kontrol injeksi bahan bakar dan waktu pengapian dapat dilakukan. Penelitian ini difokuskan pada pemetaan ignition timing engine untuk mendapatkan titik pengapian  optimal fungsi rpm .Dengan demikian, diharapkan terjadi peningkatan terhadap hasil unjuk kerja engine.

Penelitian diawali dengan modifikasi ECU SUMI-IT sebagai pusat kontrol yang menggunakan mikrokontroller AVR ATMega128L yang kompatibel dengan software VEMS, serta studi literatur mengenai bahan bakar PREMIUM dan PERTALITE, untuk kemudian dilakukan pengujian dengan penggunaan Premium pada kondisi standar sebagai kelompok kontrol dan penggunaan Pertalite dengan variasi ignition timing sebagai kelompok uji dengan mengambil 5 variasi advance ignition timing 10°, 13°,16°, 19°, dan 21° BTDC. Pengujian dilakukan menggunakan Eddy Current  Dynamometer pada bukaan katup kupu-kupu penuh ( Fully Open ) untuk memperoleh daya maksimum pada tiap putaran mesin, dan pengaturan putaran mesin yang diinginkan dilakukan dengan mengatur besarnya beban. Pada setiap perubahan putaran mesin ( 1000, 1500, 2000, 2500, 3000, 3500, 4000, 4500 dan 5000 rpm) dilakukan pencatatan data yang meliputi torsi, waktu konsumsi bahan bakar tiap 25mL,  serta data hasil uji emisi dari gas analyzer. Hasil setting terbaik akan disimpan kedalam logfile engine control unit. Dari penelitian ini, didapatkan nilai AFR Pertalite yang cenderung berada di atas Premium yang sesuai dengan analisa kalor laten penguapan, serta mapping ignition timing dengan kenaikan rata - rata torsi, daya, dan bmep sebesar 6.393 % relatif terhadap pengapian standar, efisiensi thermal mengalami kenaikan sebesar 5.409%, sfc mengalami penurunan rata-rata sebesar 1.97%, serta emisi CO dan uHC mengalami penurunan, masing masing sebesar 5.405% dan 7.443%.


Keywords


Engine Control Unit; Injection Control; Ignition Timing; Sinjai; Pertalite

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung