Evaluasi Aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Online Menggunakan Information Systems Success Model (Studi Kasus: Otoritas Jasa Keuangan)

Achmad Ramadhani, Edwin Riksakomara
Submission Date: 2016-05-11 23:43:13
Accepted Date: 2016-08-10 13:10:03

Abstract


Otoritas Jasa Keuangan merupakan suatu lembaga yang berfungsi untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yan terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. Lembaga ini menyediakan sistem yang bernama SIPO (Sistem Informasi Penerimaan Online) yang dapat digunakan sebagai alat bantu bagi OJK untuk mengelola pembayaran pungutan OJK dengan lebih cepat dan mudah secara online. Pada dasarnya sistem ini digunakan untuk memudahkan bagi OJK, namun demikian, OJK ingin mengetahui apakah SIPO (Sistem Informasi Penerimaan Online) berhasil memberikan informasi yang diberikan kepada pengguna implementasinya.Oleh karena itu perlu adanya penilaian kualitas sistem informasi penerimaan online (SIPO) di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan adanya permasalahan ini maka akan dilakukan evaluasi aplikasi tersebut dengan menggunakan Information Systems Success Model dan untuk perhitungan akan menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang nantinya akan dilakukan survei pada internal OJK yang menggunakan sistem ini dan hasil dari survei data akan dihitung menggunakan LISREL. Hasil dari tugas akhir ini adalah diharapkan dapat membantu Otoritas Jasa Keuangan dalam hal mengetahui apakah SIPO berhasil memberikan informasi yang diberikan kepada pengguna implementasinya yang telah diterapkan serta memberikan masukan indikator yang bernilai jelek menurut pengguna dan beberapa contoh perbaikan yang bisa dilakukan.

Keywords


Otoritas Jasa Keuangan; Sistem Informasi Penerimaan Online; Information Systems Success Model; Structural Equation Modeling; LISREL

References