PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KONVERTER ZETA DENGAN INDUKTOR GANDENG DAN KAPASITOR PENGALI UNTUK APLIKASI FOTOVOLTAIK

Andri Pradipta
Submission Date: 2016-06-20 14:13:54
Accepted Date: 2016-08-25 09:23:45

Abstract


ABSTRAK

 

 

Konverter Zeta merupakan salah satu topologi konverter DC – DC yang banyak digunakan untuk penaik dan penurun tegangan DC. Namun penguatan tegangan DC dari zeta konverter masih rendah, dimana besar tegangan keluaran konverter DC – DC tergantung besarnya duty cycle pensaklaran.

Untuk mendapatkan rasio yang tinggi tanpa harus dioperasikan pada duty cycle yang tinggi dapat digunakan induktor gandeng. Dengan mendesain rasio belitan induktor gandeng yang tinggi maka akan diperoleh rasio tegangan yang tinggi pula. Namun Semakin besar rasio Induktor gandeng maka rugi-rugi yang berupa induktansi bocor juga meningkat.

Pada penelitian ini didesain dan diimplementasikan Zeta konverter dengan menggunakan induktor gandeng dan kapasitor pengali. Dengan rasio belitan inductor gandeng didesain 4 dan penambahan kapasitor pengali, dihasilkan rasio tegangan yang tinggi hingga mencapai 19,28 kali. Dengan efisiensi maksimal mencapai 88%. Duty cycle maksimal yang dapat dijangkau converter maksimal 75%. Dengan penambahan system kendali PI, tegangan keluaran converter dapat dijaga konstan 311volt untuk masukan inverter.

 

Kata kunci : konverter zeta, induktor gandeng, kapasitor pengali, kendali PI, fotovoltaik.


Keywords


konverter zeta; induktor gandeng; kapasitor pengali; kendali PI; fotovoltaik.

References