Optimisasi Koordinasi Directional Over Current Relay (DOCR) pada Sistem Distribusi Mesh Menggunakan Modified Adaptive Particle Swarm Optimization (MAPSO) dengan Pembangkit Tersebar

Aditya Descara Putra
Submission Date: 2016-06-20 23:55:59
Accepted Date: 2016-12-28 23:51:55

Abstract


Pemilihan topologi jaringan distribusi mesh merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam penyaluran sistem tenaga listrik.

Apabila terjadi gangguan pada suatu saluran maka saluran yang lain dapat menggantikan untuk penyalurkan daya listrik.

Akibat adanya gangguan dari suatu saluran diperlukan koordinasi proteksi yang baik pada sistem mesh. Di samping itu,  dengan adanya injeksi dari distributed generator pada sistem distribusi mesh, koordinasi proteksi yang dilakukan harus mempertimbangkan nilai arus gangguan dan arah arus gangguan.

Arah arus gangguan harus diperhitungkan ,baik dalam arah forward maupun reverse. Dari permasalahan tersebut diperlukan sebuah metode penyelesaian untuk mengurangi kompleksitas koordinasi proteksi pada sistem mesh. Dalam hal ini algoritma Modified Adaptive Particle Swarm Optimization (MAPSO) digunakan sebagai metode optimasi untuk  mengurangi kompleksitas dari perhitungan koordinasi proteksi pada sistem distribusi mesh.

Algoritma MAPSO digunakan dalam optimasi koordinasi antar Directional Over Current Relay (DOCR). Parameter yang dioptimasi adalah TDS (Time Dial Setting) dan waktu kerja rele. Nilai rata-rata waktu kerja rele primer dengan Algoritma MAPSO adalah 0,262 detik.


Keywords


Distributed generator; Modified Adaptive Particle Swarm Optimization; Sistem jaringan distribusi mesh.

References