RANCANG BANGUN EQUALIZER TEGANGAN SEL MENGGUNAKAN FLYBACK KONVERTER UNTUK BATERAI LI-ION TERHUBUNG SERI

Tegar Subekti, Heri Suryoatmojo, Sjamsjul Anam
Submission Date: 2016-06-23 10:58:46
Accepted Date: 2016-09-01 14:14:01

Abstract


Saat ini, penyimpanan energi berbasis baterai memiliki peranan penting di berbagai sistem kelistrikan,  mulai dari perangkat elektronik sampai dengan sistem berskala besar, termasuk mobil listrik. Baterai Lithium Ion saat ini menjadi paling unggul diantara teknologi baterai yang lain karena kepadatan energinya yang besar. Pada umumnya, sel tegangan dihubungkan seri dalam bentuk string untuk mencapai tegangan sistem yang dibutuhkan.

Sel Lithium Ion yang terhubung seri memberikan masalah teknis berupa ketidakseimbangan tegangan yang ada diantara sel yang terjadi karena performa setiap sel yang unik. Hal tersebut akan mengurangi kapasitas yang tersedia pada baterai sehingga  lama waktu operasi akan berkurang dan mengakibatkan percepatan degradasi sel karena overcharge atau overdishcharge.

Equalizer tegangan sel menggunakan flyback konverter menggunakan arsitektur cell-to-string, dimana  energi pada sel yang memiliki tegangan lebih tinggi akan ditransfer ke string untuk menyeimbangkan tegangan sel.


Keywords


equalizer tegangan sel; flyback konverter; baterai Li-Ion

References