Perancangan dan Implementasi Sistem Pengaturan Kecepatan Motor BLDC Menggunakan Kontroler PI Berbasiskan Neural-Fuzzy Hibrida Adaptif

Agung Setyadi Wicaksono
Submission Date: 2016-06-29 10:16:40
Accepted Date: 2016-12-29 01:01:45

Abstract


Mobil listrik menjadi inovasi terbaru dengan tujuan utama untuk melepaskan ketergantungan pada bahan bakar minyak. Penelitian yang telah ada memaparkan bahwa motor listrik yang sesuai untuk menggerakkan mobil listrik adalah motor Brushless Direct Current (BLDC). Beberapa keunggulan motor BLDC antara lain adalah suara halus, ukuran kompak, torsi besar, efisiensi tinggi, memiliki umur pakai yang panjang, dan mudah dikontrol. Performa dan kecepatan motor BLDC dapat terganggu apabila bekerja pada kondisi berbeban. Oleh karena itu, dibutuhkan pengaturan kecepatan menggunakan sebuah kontroler yang dapat menjaga kecepatan motor BLDC sesuai ­set-point meskipun sedang beroperasi pada kondisi berbeban.

Kontroler yang digunakan untuk mengatur kecepatan motor BLDC adalah kontroler Proposional Integral (PI) berbasiskan Neural-Fuzzy Hibrida Adaptif. Kontroler PI dipilih karena dapat mengeliminasi steady-state error. Sedangkan Neural-Fuzzy Hibrida Adaptif merupakan kombinasi antara Fuzzy dan Neural-Network. Fuzzy digunakan untuk penentuan parameter kontroler PI. Parameter kontroler PI didapatkan dari Neural-Network. Karakteristik respon terhadap hasil implementasi memiliki settling time 20 detik, overshoot sebesar 1,1%, dan time constant 7,7 detik.


Keywords


Neural Fuzzy; BLDC; PI; Adaptif

References