Sistem Pengangkutan Sampah Berdasarkan Kapasitas Kendaraan Pengangkut dan Kondisi Kontainer Sampah di Surabaya Barat

Prismeida Putri Dara Ambariski, Welly Herumurti
Submission Date: 2016-07-15 10:56:10
Accepted Date: 2016-12-28 19:34:37

Abstract


Sampah yang dihasilkan masyarakat Surabaya Barat sekitar 193,64 ton/hari yang tersebar di 52 TPS. Pengangkutan sampah dari TPS menuju TPA Benowo menggunakan 37 armada truk arm roll. Truk arm roll yang tersedia terdiri atastruk dengan kapasitas pengakutan 6 m3, 8 m3 dan 14 m3 dengan kondisi kontainer tertutup dan tanpa tutup.Waktu kerja efektif yang ditetapkan DKP Kota Surabaya adalah 8 jam/hari. Namun, rata-rata waktu kerja yang dibutuhkan setiap sopir untuk melayani pengangkutan sampah di Surabaya Barat hanya sekitar 5 jam/hari.

Optimasi sisa waktu kerja dapat dilakukandengan penambahan jumlah ritasi yang dilakukan setiap hari. Optimasi dilakukan dengan mempertimbangkan aspek teknis berupa densitas sampah di TPS dan truk arm roll, serta waktu pengangkutan sampah. Optimasi penambahan ritasi dapat ditentukandengan memperhitungkan waktu off route dan sisa waktu kerja pada masing-masing sopir.

Penelitian rute terlebih dahulu dilakukan agar dapat mengetahui kondisi eksistingsistem pengangkutan sampah yang dioptimasi. Waktu pengangkutan sampah, jumlah ritasi, kapasitas kendaraan dan kondisi kontainer sampah memiliki pengaruh yang signifikan pada efektifitas sistem pengangkutan sampah.

Keywords


Kapasitas pengangkutan, kontainer, optimasi, pengangkutan sampah dan truk arm roll.

References