Desain Kapal 3-in-1 Penumpang-Barang-Container Rute Surabaya – Lombok

I Gede Hadi Saputra, Hesty Anita Kurniawati
Submission Date: 2016-07-20 09:15:30
Accepted Date: 2016-12-27 00:00:00

Abstract


Dalam proses pembangunan ekonomi Indonesia, berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah antara lain program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) dan juga Program Tol Laut. Program-program tersebut diambil oleh pemerintah agar terjadi pemerataan pembangunan ekonomi di setiap daerah demi meningkatkan kondisi ekonomi Indonesia. Dalam mengaplikasikan program tersebut, pemerintah membutuhkan sarana transportasi yang efisien dan salah satu alat transportasi tersebut adalah kapal 3-in-1. Kapal ini diharapkan mampu menjadi sarana transportasi dan juga sarana dalam pendistribusian barang dari Jawa ke Indonesia Timur sehingga mampu meningkatkan ekonomi di Indonesia bagian timur khususnya. Kapal 3-in-1 ini akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Lembar, Lombok dengan kecepatan 17 knot. Dalam mendesain kapal dilakukan analisis teknis dan juga analisis ekonomis berupa menghitung biaya pembangunan kapal. Kapal yang didesain memiliki ukuran utama Length of Waterline (LWL): 130 meter, length of perpendicular (LPP): 125 meter, Breadth (B): 22 meter, Height (H): 11.7 meter, dan Draft (T): 6.6 meter. Dengan ukuran tersebut kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 488 orang, kontainer sebanyak 161 TEUs, dan semen sebanyak 3200 ton (di dalam bentuk sak di mana 1 sak semen sama dengan 40 kg). Dengan ukuran dan jumlah muatan tersebut seluruh regulasi dan ketentuan teknis telah terpenuhi. Besar biaya pembangunan kapal adalah sebesar Rp 77,302,629,498.00.

Keywords


Desain, Kapal 3-in-1 Penumpang-Barang-Kontainer, MP3EI, Rute Surabaya – Lombok, Tol Laut

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung