Analisa Ketelitian Planimetris Citra Quickbird Guna Menunjang Kegiatan Administrasi Pertanahan (Studi Kasus : Kabupaten Gresik, 7 Desa Prona)

Theo Prastomo Soedarmodjo
Submission Date: 2016-07-22 14:39:46
Accepted Date: 2016-12-31 17:11:22

Abstract


Pembuatan peta dasar dalam menunjang kegiatan administrasi pertanahan yang selama ini menggunakan cara terrestrial dan fotogrametri belum mampu memenuhi dan mencakup seluruh wilayah Indonesia. Saat ini Kabupaten Gresik sedang mengadakan program kadaster lengkap. Dibutuhkan peta dasar dalam memenuhi program tersebut, dimana peta dasar diperoleh secara cepat dan akurat menggunakan data berupa citra satelit resolusi tinggi.

Pada penelitian ini diteliti hasil dari kemungkinan data citra satelit resolusi tinggi yang dimiliki oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Gresik dapat memenuhi ketentuan dalam peraturan yang telah ditetapkan. Digunakan data berupa citra satelit resolusi tinggi (Quickbird 2007), 9 buah titik kontrol, 13 titik uji dan 17 percobaan jarak yang dilakukan pengukuran dilapangan.

Data dasar berupa citra satelit tersebut dilakukan proses pan-sharpening dan pemotongan sesuai lokasi studi kasus. Kemudian dilakukan koreksi geometrik menggunakan 9 buah titik kontrol. Serta dilakukan  proses uji akurasi horizontal CE90 menggunakan 13 buah titik kontrol. Dilakukan pula proses Pengukuran jarak di lapangan sebanyak 17 percobaan kemudian dibandingkan dengan intrepretasi objek di citra. Terdapat pula proses uji statistik dari masing-masing pengukuran jarak. Kemudian setelah proses uji statistik dilakukan proses uji planimetris jarak di lapangan .

Dari hasil penelitian didapat nilai hasil besaran koreksi geometrik menggunakan metode polynomial orde-1 (Metode Affine)sebesar 0,515. Dilakukan pula proses uji statistik metode t-test dimana terdapat satu data yang ditolak. Dari hasil data yang diterima didapatkan nilai RMSe dari pengukuran jarak dilapangan yang menunjukkan besar ketelitian planimetris yaitu sebesar 0,245 meter. Terakhir, diperoleh hasil perhitungan ketelitian geometrik untuk penentuan nilai akurasi horizontal sebesar 0.711 meter. Nilai tersebut penggunaan skala 1:2500 untuk di daerah pertanian dan skala 1:10000 untuk daerah perkebunan besar.

Keywords


Administrasi Pertanahan, Citra Satelit Resolusi Tinggi, Ketelitian Planimetris

References