Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Media Pembelajaran Siswa Disleksia

Maulina Nur Istiqomah, Dwi Sunaryono, Rully Soelaiman
Submission Date: 2016-07-27 11:58:29
Accepted Date: 2016-10-24 14:23:14

Abstract


Siswa berkebutuhan khusus terutama disleksia memiliki kesulitan dalam mengenali dan mengolah huruf sehingga dapat menyulitkan mereka dalam proses belajar dan berkomunikasi pada umumnya. Mereka juga mengalami kesulitan untuk mengingat dalam jangka pendek dan mengingat urutan sehingga mengakibatkan mereka tidak bisa mengikuti perintah di kelas dengan baik. Dibutuhkan pembelajaran khusus untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa terutama kemampuan membaca. Penulis merancang sebuah perangkat lunak bernama BacaYuk! yang dapat digunakan pada perangkat bergerak untuk membantu pembelajaran siswa disleksia. Perangkat lunak ini memiliki ragam aktivitas yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kemampuan bahasa, kemampuan matematika, dan kemampuan khusus. Penulis melakukan pembelajaran terhadap penggunaan perangkat lunak BacaYuk! pada lima siswa di Sekolah Berkebutuhan Khusus Adhitama di Surabaya dengan melakukan evaluasi terhadap kemampuan siswa sebelum dan sesudah penggunaan perangkat lunak. Penggunaan perangkat lunak BacaYuk! telah memberikan efek positif terhadap kemampuan siswa. Selain itu, pendidik dapat menyesuaikan setiap rangkaian aktivitas yang akan dikerjakan dengan kebutuhan masing-masing siswa.

Keywords


aplikasi mobile; disleksia; media pembelajaran; siswa berkebutuhan khusus;

References