Analisa Operabilitas serta Evaluasi Aspek Slamming dan Greenwater pada Tugboat - Studi Kasus Towing FSO Arco Ardjuna dari Jurong Port menuju Ardjuna Marine Terminal

Rainhart Gabriel, Eko B. Djatmiko, Mas Murtedjo
Submission Date: 2016-08-01 11:00:59
Accepted Date: 2017-02-05 00:00:00

Abstract


AHTS (Anchor Handling Tug Supply) MP Premier adalah kapal penarik yang digunakan dalam operasi towing FSO Arco Ardjuna dari jurong port menuju ardjuna marine terminal. Penelitian ini menganalisa gerakan AHTS MP Premier saat operasi towing dalam ranah time domain, selain itu Penelitian ini meninjau kemungkinan terjadinya slamming dan greenwater dengan melakukan analisa respon spektra relatif vertikal haluan AHTS MP Premier berdasarkan RAO heave dan pitch. Aspek-aspek tersebut dibandingkan dengan kriteria seakeeping untuk mengetahui kemampuan AHTS dalam melakukan operasi towing. Semua analisa dilakukan dalam keadaan melaju dengan kecepatan 5 knot untuk sejumlah arah propagasi gelombang. Didapat Gerakan rata-rata roll terbesar 4,53 deg pada kondisi 85% fuel tank dengan arah gelombang 120°, nilai rata-rata pitch terbesar 3,42 deg pada kondisi 85% fuel tank dengan arah datang gelombang 180°, nilai signifikan percepatan heave terbesar 1,98 m/s2 pada kondisi 85% fuel tank dengan arah datang gelombang 180 dan nilai signifikan kecepatan heave terbesar 2,36 m/s pada kondisi 85% fuel tank dengan arah datang gelombang 180°. sedangkan probability slamming terbesar 0,01259 pada kondisi 85% fuel tank dengan arah datang gelombang 180° dan probability greenwater terbesar 0,01741 pada kondisi full load dengan heading 180°. Berdasarkan aspek tersebut didapat operabilitas AHTS MP Premier saat pross towing sebesar 98,99% dengan batas gelombang general criteria sebesar 4m.


Keywords


AHTS; Greenwater; Operability; Slamming; Towing

References