Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Pegas Kopling Terhadap Gaya Dorong dan Percepatan Pada Kendaraan Yamaha Vixion 150 cc

Reza Prakoso Ramadhan, I Nyoman Sutantra
Submission Date: 2016-08-04 16:17:51
Accepted Date: 2017-02-05 00:00:00

Abstract


Saat ini perkembangan dunia otomotif khususnya sepeda motor terus dikembangkan untuk mendapatkan kenyamanan dalam pengendalian. Produsen otomotif khususnya roda dua (sepeda motor) telah memproduksi kendaraan berkapasitas besar . Para produsen berlomba – lomba untuk menciptakan kedaraan dengan performa dan akselerasi yang baik . Akselerasi dan performa yang baik salah satunya dipengaruhi oleh tingkat kekakuan dari pegas kopling. Dengan banyaknya variasi dari pegas kopling yang dijual di pasaran dan memiliki nilai konstanta yang berbeda – beda mengindikasikan bahwa pemilihan pegas kopling yang sesuai dapat memperbaiki performa dari kendaraan standart. Dan ini yang mendasari terlaksananya penelitian kali ini. Pada penelitian ini data yang ingin diperoleh adalah gaya dorong, percepatan. Hasil dari pengujian ini adalah pegas dengan nilai konstanta 13,05 N/mm menghasilkan nilai gaya dorong terbesar dibandingkan pegas dengan nilai konstanta 8,29 N/mm yaitu sebesar 509,805 N untuk nilai gaya dorong dan 4,42 m/s2 untuk nilai percepatan. Ini menandakan bahwa pegas dengan nilai konstanta pegas yang besar enghasilkan performa yang baik untuk kendaraan.

Keywords


transmit manual; pegas kopling

References