Penerapan Teknologi Virtual Reality pada Perangkat Bergerak berbasis Android untuk Mendukung Terapi Fobia Laba-laba (Arachnophobia)

Ardhana Praharsana, Darlis Herumurti, Ridho Rahman Hariadi
Submission Date: 2017-01-17 22:06:56
Accepted Date: 2017-03-14 00:00:00

Abstract


Fobia laba-laba adalah rasa kecemasan berlebih yang muncul ketika penderita merasa ada laba-laba didekatnya. Fobia laba-laba bisa disembuhkan dengan terapi. Terapi yang dilakukan bertujuan agar penderita terbiasa dengan ketakutan yang dideritanya. Terapi dilakukan dengan cara menempatkan penderita untuk bertemu dengan ketakutannya berulang kali, mulai dari yang tidak menakutkan hingga situasi yang sangat menakutkan. Proses terapi dapat disimulasikan dalam bentuk realitas virtual. Hasil pengujian aplikasi terapi fobia laba-laba yang menggunakan empat tingkat situasi ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui seberapa takut mereka terhadap laba-laba yang sering dihadapi di d unia nyata dan juga dapat membantu terapis dalam melakukan penanganan lebih lanjut pada penderita fobia laba-laba.Pengembangan aplikasi kedepannya bisa dilakukan dengan mendalami tentang proses terapi fobia laba-laba, pembuatan objek yang lebih mendukung aplikasi fobia laba-laba, dan bimbingan rutin dengan terapis agar pengembangan bisa lebih efektif.

 


Keywords


Google Cardboard; terapi; Arachnophobia;

References