Rancang Bangun Perangkat Lunak Benchmarking Sosial Media Pemerintah Daerah Indonesia

Abi Nubli Abadi, Nur Aini Rakhmawati
Submission Date: 2017-07-17 12:48:35
Accepted Date: 2017-09-11 00:00:00

Abstract


Pemerintahan elektronik atau E-Government diyakini memberikan keuntungan yang luas apabila berjalan dengan baik. Media sosial dipilih pemerintah sebagai jembatan komunikasi tersebut sebab kondisi masyarakat Indonesia saat ini sudah tidak asing lagi dengan media sosial. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tahun 2012 yaitu mengeluarkan Pedoman Pemanfaatan Media Sosial Instansi Pemerintah. Dalam perkembangannya masyarakat dan pemerintah juga perlu melihat apakah sosial media pemerintah daerah tersebut sudah memenuhi ekspektasi atau belum sehingga perlu dilakukan benchmarking terhadap seluruh sosial media pemerintah yang ada di Indonesia. Benchmarking dapat dilakukan dengan mengakuisisi data melalui crawling kemudian data akan disimpan dalam database, dikalkulasi dan ditampilkan melalui visualisasi grafik. Hasil dari penelitian ini aplikasi dapat melakukan pemeringkatan sosial media pemda dalam bentuk grafik dan dalam proses crawling ketepatan yang dihasilkan aplikasi adalah 100%, jumlah pemda yang memiliki nilai diatas 50 adalah 8 pemda, 7 dari angka tersebut adalah pemda yang berada di Jawa, dan tipe-tipe pemda terdiri dari 2 Kabupaten, 2 Provinsi dan 4 Kota.


Keywords


E-Government; Web-Crawler; Sosial media

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung