Uji Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Lindi Dengan Penambahan Bakteri Starter Terhadap Pertumbuhan Tanaman Hortikultura (Solanum Melongena dan Capsicum Frutescens)

Dania Dwi Dimiati, Wahyono Hadi
Submission Date: 2017-07-27 13:26:19
Accepted Date: 2017-09-28 00:00:00

Abstract


Air lindi apabila tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan dampak negatif karena mengandung zat pencemar organik dan anorganik yang tinggi.  Namun, air lindi memilik kandungan unsur hara makro berkadar tinggi. Selain itu, saat ini penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan akan mengurangi tingkat kesuburan tanah dan menurunnya produktivitas tanaman. Maka dilakukan penelitian untuk mengolah air lindi yang berasal dari Stasiun Peralihan Antara (SPA) Rangkah Surabaya untuk menghasilkan pupuk cair organik dengan memanfaatkan bakteri starter melalui proses fermentasi.

Variabel yang digunakan adalah variasi pengenceran lindi dan penambahan bakteri starter (cair dan bubuk). Tahapan persiapan terdiri atas uji karakteristik lindi awal serta pembuatan media penanaman. Kemudian tahap utama terdiri pembuatan reaktor, proses fermentasi,  uji Total Plate Count (TPC), uji karakteristik hasil fermentasi, dan pengamatan pertumbuhan tanaman dengan pemberian pupuk organik cair lindi. Tanaman yang digunakan sebagai bahan uji adalah terong (Solanum melongena) dan cabai (Capsicum frutescens).

Hasil penelitian menunjukkan interaksi antara faktor penambahan bakteri dan pengenceran lindi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan amonium dan nitrat hasil fermentasi. Reaktor yang memiliki pengaruh paling signifikan adalah B3 (untuk starter serbuk) dan C3 (untuk starter cair). Sedangkan yang memiliki konsentrasi optimum penambahan bakteri adalah reaktor B3 dan D1. Pemberian pupuk organik cair variasi B3 dan D1 pada tanaman seharusnya memberikan respon cepat terhadap laju pertumbuhan tanaman, namun pada hasil pengamatan di lapangan menunjukkan hasil yang berbeda.


Keywords


bakteri starter; Capsicum frutescens; lindi; pupuk cair organik; Solanum melongena

References