Desain Konseptual Peti Kemas untuk Alat Angkut Hewan Ternak dari Kawasan Indonesia Timur pada Kapal Penumpang 2 in 1

M. Zainuddin Afandi, I G N Sumanta Buana
Submission Date: 2013-02-08 18:54:25
Accepted Date: 2013-03-18 00:00:00

Abstract


3% dari kebutuhan sapi menuju Jakarta dipasok dari Sulawesi Selatan. Saat ini sapi diangkut  lewat jalur laut menggunakan kapal barang yang terbuat dari kayu dengan kapasitas angkut ternak 100-300 ekor dan kapal perintis general cargo dengan kapasitas angkut ternak 300-500 ekor. Kedua jenis kapal tersebut tidak dirancang khusus untuk angkutan sapi.  Sehingga dapat menurunkan kualitas muatan selama perjalan. Pengiriman dengan kapal-kapal tersebut pula tidak terjadwal dengan baik karena memiliki sistem pelayaran tramper. Dari aspek bongkar muat, metode dari kapal-kapal tersebut dapat membahayakan/menyiksa muatan. Tugas Akhir ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan untuk pengadaan modifikasi peti kemas hewan ternak ini. Ada 2 model peti kemas hewan ternak yang dihitung kelayakan investasinya, dengan masing-masing model memiliki tiga kondisi peti kemas yang akan dimodifikasi. Dilakukan Scheduling kapal untuk pemenuhan kebutuhan demand di daerah sentra konsumen. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa desain paling optimum untuk dilakukan investasi adalah desain peti kemas hewan ternak model 1 hasil modifikasi dari peti kemas general cargo kondisi 80-85%, nilai IRR sebesar 54,38 %  dan nilai NPV sebesar Rp. 4.538.822.709,-. Peti kemas hewan ternak model 1 hasil modifikasi dari peti kemas general cargo kondisi 80-85% yang didesain bisa dioperasikan di atas kapal 2 in 1, dengan cara menempatkan pada ruang muat di atas geladak kapal 2 in 1 di bagian sisi terluar, dengan memperhatikan aspek logistiknya berupa pakan, minum dan sistem drainase.

Keywords


Peti kemas; ternak

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung