Perancangan Sistem Pengenalan Plat Nomor Kendaraan Menggunakan Principal Componen Analysis

Selpha Yulida, Apriani Kusumawardhani, Heru Setijono
Submission Date: 2013-02-11 20:37:08
Accepted Date: 2013-03-18 00:00:00

Abstract


Sistem identifikasi dan pengenalan plat nomor serta label produk-produk di industri menjadi aplikasi yang penting. Sistem tersebut bertujuan untuk mengekstraksi dan mengenali plat nomor dari citra kendaraan sehingga dapat digunakan sebagai access control system gerbang tol, area parkir, maupun sistem pengamanan serta sistem pembayarannya. Selain itu, pengenalan label produk-produk di industri juga sangat penting untuk kemudahan pengelolaan data. Untuk mendukung hal tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang perancangan sistem pengenalan plat nomor kendaraan untuk mendapatkan performa sistem yang baik. Berbagai metode telah digunakan dalam penelitian pengenalan plat nomor seperti Fuzzy dan JST. Namun, dalam penelitian tugas akhir ini dikembangkan sistem pengenalan karakter menggunakan metode PCA. Principal Component Analysis (PCA) adalah suatu metode untuk merepresentasikan suatu objek di mana  ditekankan pada proses ekstraksi fitur. Ekstraksi fitur bertujuan untuk mengekstraksi ciri-ciri khusus dari objek serta mereduksi dimensinya dengan mengubah sejumlah variabel korelasi ke jumlah yang lebih sedikit, sehingga proses komputasi mampu berlangsung lebih cepat. Dalam tugas akhir ini, telah dilakukan penelitian dengan mengambil citra plat nomor melalui webcam dan diuji dengan program pengenalan plat nomor. Dari hasil uji pengenalan, PCA terbukti dapat diaplikasikan pada sistem pengenalan plat nomor kendaraan dengan tingkat keberhasilan yang baik untuk jarak dan posisi tertentu. Demikian juga untuk metode segmentasi karakter plat nomor, labeling merupakan metode yang mampu diterapkan dalam penelitian ini. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem pengenalan plat nomor kendaraan ini mampu diaplikasikan secara optimal dengan tingkat pengenalan 80%-100%  pada jarak webcam 1m dan sudut antara -150 sampai 150 dari pusat plat nomor serta ketinggian webcam 25-100cm. Hal itu menunjukkan bahwa sistem tersebut juga baik untuk diaplikasikan dalam pengenalan label produk-produk di industri.


Keywords


Principal Component Analysis; plat nomor; segmentasi; pengenalan; webcam

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung