Analisis Hambatan Penggunaan Hydrofoil pada Katamaran Menggunakan CFD
Abstract
Simulasi CFD dilakukan untuk mempelajari pengaruh hydrofoil dan pemasangan hydrofoil secara memanjang terhadap hambatan HYSUCAT. Tiga variasi penempatan foil dilakukan yaitu (i) posisi 1 :dibawah center gravity kapal, (ii) 3 panjang chord ke arah stern dari posisi 1, dan (iii) 6 panjang chord ke arah stern dari posisi 1. Pada kecepatan relatif rendah (FnV < 1,8), hydrofoil menambah hambatan katamaran. Sebaliknya pada kecepatan relatif tinggi (FnV > 1,8), hydrofoil mengurangi hambatan katamaran. Nilai koefisien hambatan meningkat pada awalnya, mencapai nilai maksimum kemudian berkurang seiring meningkatnya bilangan Froude. Nilai maksimum terjadi pada FnV ≈ 1.4 (atau Fn ≈ 0,5 ). Posisi peletakkan foil yang paling optimum adalah dibawah CG kapal.