Monitoring dan Kontrol Sistem irigasi Berbasis IoT Menggunakan Banana PI

Andrie Wijaya, Muhammad Rivai
Submission Date: 2018-07-18 00:03:24
Accepted Date: 2018-12-17 00:00:00

Abstract


Saat ini metode pengaliran air atau irigasi dilakukan secara manual. Petani harus menyiram tanaman satu persatu sehingga tidak efisien dalam hal energi, waktu, dan ketersediaan air sehingga dapat menurukan hasil panen. Internet of Things merupakan konsep dan metode untuk kontrol jarak jauh, monitoring, pengiriman data, dan berbagai tugas lainnya. IoT terhubung dengan suatu jaringan sehingga dapat di akses di mana saja yang dapat mempermudah berbagai hal. IoT dapat dimanfaatkan di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pertanian. Pada bidang ini IoT dapat digunakan untuk memantau dan mengatur berbagai hal untuk menunjang pertanian. Pada penelitian ini akan dibuat suatu peralatan yang digunakan untuk monitoring dan kontrol sistem irigasi berbasis IOT. Single Board Computer Banana Pi digunakan sebagai prosesor utama yang terhubung dengan jaringan internet yang mengirim data dari sensor ke pengguna. Alat ini akan dilengkapi beberapa divais transduser yang meliputi sensor kelembaban, kamera, dan katup elektronik. Pengguna menerima data tersebut melalui aplikasi pada telepon genggam berbasis android. Jenis telepon ini sering digunakan masyarakat umum sehingga mudah dalam pengaplikasian nya. Peralatan ini diharapkan dapat membantu petani untuk mengatur sistem irigasi dari jarak jauh dan memantau kondisi lahan pertanian sehingga lebih efisien dan dapat meningkatkan hasil panen.



Keywords


Arduino; Banana Pi; Internet of Things; Kelembaban; Sistem Irigasi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung