Kajian Eksperimental Pengaruh Posisi Perletakan Hydrofoil Pendukung Terhadap Hambatan Kapal

Slamet Agus Saputro, Ketut Suastika
Submission Date: 2012-07-23 12:18:20
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


Penggunaan hydrofoil merupakan salah satu cara untuk bisa mengurangi hambatan kapal pada kondisi kecepatan yang direncanakan. Gaya lift yang dimiliki hydrofoil dapat mengurangi WSA kapal pada kondisi foilborne sehingga hambatan yang diterima hanya akan dipengaruhi oleh sistem hydrofoil itu sendiri. Dalam perencanaan hydrofoil perlu dipertimbangkan gaya lift dan drag yang dihasilkan sehingga drag hydrofoil dapat lebih kecil daripada hambatan barehull planing pada kecepatan yang direncanakan. Dalam penelitian ini mengkaji pengaruh dari posisi perletakan hydrofoil terhadap hambatan kapal. Penelitian ini dilakukan di towing tank dengan memvariasikan antara jarak hydrofoil depan dan belakang terhadap titik berat kapal variasi 1 la/lb = 0,3, variasi 2 la/lb = 1,15 dan variasi 3 la/lb = 2. Dari hasil pengujian towing tank terhadap hambatan total, dapat diketahui bahwa untuk variasi 2 memiliki nilai Rt = 22,46 KN lebih rendah dibandingkan dengan variasi lainnya variasi 1 Rt = 22,76 KN dan variasi 3 Rt = 30,31 KN. Penempatan hydrofoil pada variasi 3 la/lb = 2 terjadi perbedaan momen yang sangat besar sehingga mengakibatkan haluan kapal yang disangga oleh hydrofoil bagian depan lebih mudah terangkat daripada bagian buritan. Hal ini menyebabkan terjadinya hentakan pada hydrofoil bagian depan terhadap permukaan air secara  berkelanjutan pada Fn > 0,7.


Keywords


barehull planing, drag, foilborne, hambatan, hydrofoil, lift.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung