Pemodelan Matematis Berat Baja Badan Kapal Sebagai Fungsi Dari GT
Abstract
Estimasi terhadap berat baja kapal merupakan hal yang sangat penting dilakukan sebelum melakukan tahap pra desain. Hal ini dilakukan agar kapal yang dibangun, beratnya tidak melebihi dari desain awal yang diinginkan oleh pihak owner. Perhitungan dengan metode yang biasa digunakan seperti Watson kurang sesuai jika diterapkan untuk pembangunan kapal baru saat ini, apalagi dengan perbedaan kondisi daerah perairan di Indonesia. Perhitungan berat baja yang dihasilkan akan semakin bertambah besar, tentunya ini akan mengurangi berat muatan yang dapat diangkut oleh kapal tersebut. Penelitian ini dilakukan terlebih dahulu dengan mengumpulkan sejumlah data - data kapal yang mempunyai ukuran dan gross tonnage tertentu. Dari data kapal tersebut akan dilakukan analisa regresi mengenai variabel apa saja yang berpengaruh dalam perhitungan berat baja badan kapal. Selanjutnya akan dilakukan analisa regresi untuk mencari model persamaan berat baja kapal yang mempunyai harga r2 (r Square) yang paling tinggi dan untuk pengujian kevalidan hasil pemodelan dilakukan dengan pengujian anova dan menghitung nilai simpangan (aggregative deviation), simpangan rata – rata (mean deviation) antara berat konstruksi hasil model dengan berat konstruksi secara real di lapangan. Hasil dari pemodelan tersebut akan didapatkan rumusan empiris mengenai berat baja kapal yang hubungannya dengan besarnya ukuran utama kapal dengan variabel yang paling berpengaruh secara significant terhadap berat baja (Wst) adalah Lpp (Lenght of prependicular), B (Breadth), D (Dept) dan T (Draft).
Keywords
CC Licencing
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung