Aplikasi Scoring Perilaku Pengemudi Menggunakan Sensor Fusi

Anindita Larasati, Raden Venantius Hari Ginardi, Sarwosri Sarwosri
Submission Date: 2018-08-03 12:05:23
Accepted Date: 2018-12-17 00:00:00

Abstract


Faktor tertinggi penyebab kecelakaan lalu lintas masih dipegang oleh faktor perilaku pengemudinya. Hal ini membuat beberapa peneliti mencari berbagai cara untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang terjadi akibat kelalaian pengemudi. Saat ini sudah mulai dikembangkan aplikasi untuk mendeteksi perilaku pengemudi secara teknis lewat sensor. Namun masih belum dapat diketahui apakah perilaku pengemudi tersebut baik atau buruk. Pada peneitian ini akan dilakukan pengembangan aplikasi scoring perilaku pengemudi lewat pergerakan mobilnya. Sistem ini menggunakan metode fusion sensor dari tiga sensor yang ada pada smartphone android. Ketiga sensor yang akan dikolaborasikan adalah gyroscope, accelerometer, dan magnetometer. Data yang dideteksi oleh sensor-sensor tersebut akan diolah untuk memberikan penilaian terhadap perilaku pengemudi. Perilaku yang akan diamati meliputi belok mendadak, penambahan kecepatan mendadak, dan pengurangan kecepatan mendadak. Pengemudi juga dapat senantiasa melihat setiap manuver yang dilakukan apakah normal atau agresif. Setelah dideteksi, aplikasi akan mengeluarkan output score pengemudi berupa angka nol sampai seratus. Uji coba dilakukan dengan kondisi jalan yang berbeda, mobil berbeda, serta handphone yang berbeda. Dari uji coba yang dilakukan, dapat diketahui bahwa aplikasi sudah dapat menilai perilaku pengemudi dengan stabil.

Keywords


Gyroscope; Accelerometer; Magnetometer; Fusion Sensor; Scoring Pengemudi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung 22crown login