Peningkatan Performansi Assembly Line Untuk Mereduksi Defect Voice Coil Touch Pada Perusahaan Speaker

Meilia Dwi Suryani, Moses Laksono Singgih
Submission Date: 2019-01-18 12:46:55
Accepted Date: 2019-06-28 00:00:00

Abstract


Permasalahan pada Perusahaan Speaker, khususnya pada Assembly Line 1 adalah terjadinya defect Voice Coil Touch (VCT) yang cukup besar. Defect VCT merupakan defect suara yang ditimbulkan karena pergerakan voice coil tidak sesuai spesifikasi. Selama sembilan bulan terakhir (Januari-September 2018), pada Assembly Line 1 terdapat sebesar 4736 defect VCT dan menyebabkan timbulnya rework cost sebesar Rp.74.986.667. Untuk mengurangi defect VCT tersebut, maka diperlukan suatu identifikasi untuk mengetahui akar penyebab defect VCT.  Identifikasi akar penyebab dilakukan dengan Root Cause Analysis (RCA) menggunakan 5 why’s method. Selanjutnya dilakukan analisa Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dengan memberikan ranking penilaian tingkat keseriusan efek/dampak yang ditimbulkan, peluang terjadinya kegagalan dan kemampuan untuk mendeteksi kegagalan yang akan terjadi.  Setelah itu, dilakukan perhitungan Risk Priority Number (RPN) untuk mengetahui tingkat resiko yang ditimbulkan dari terjadinya kegagalan. Nilai RPN tetinggi akan menjadi prioritas untuk melakukan suatu improvement. Berdasarkan analisa FMEA yang dilakukan, RPN tertinggi terdapat pada pemasangan voice coil yang longgar, pemasangan spider pada chassis tidak center, pengeleman magnet dan yoke dengan center yoke tidak rata, pengeleman magnet assy dan chassis assy tidak rata serta tipe center yoke salah. Adapun rekomendasi perbaikan yang diusulkan adalah melakukan upgrading sebanyak tiga kali dalam setahun, pengecekan komponen dan perlengkapan, dan menggunakan alat pencabut VCG. Penerapan rekomendasi pertama diperkirakan dapat mereduksi defect sebesar 3%, rekomendasi kedua sebesar 5%, rekomendasi ketiga 8%, kombinasi rekomendasi 1 dan 2 sebesar 8%, kombinasi rekomendasi 1 dan 3 adalah 11%, dan kombinasi rekomendasi 2 dan 3 adalah 13%, serta kombinasi rekomendasi 1,2 dan 3 adalah 20%.

Keywords


assembly line; failure mode and effect analysis; root cause analysis; speaker; voice coil touch

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung