Analisis Pengaruh Variasi Sudut Blasting Dengan Coating Campuran Epoxy dan Aluminium Serbuk terhadap Kekuatan Adhesi, Prediksi Laju Korosi, dan Morfologi pada Plat Baja ASTM A36

Muhammad Sulton Ali, Herman Praktikno, Wimala L Dhanistha
Submission Date: 2019-01-30 14:43:31
Accepted Date: 2019-06-30 00:00:00

Abstract


Permasalahan korosi merupakan masalah utama penyebab terjadinya kegagalan pada material terutama pada bangunan laut, dimana biasanya ditempatkan pada kondisi atau lingkungan yang korosif. Salah satu langkah preventif yang digunakan untuk memperlambat korosi pada suatu material adalah dengan metode pelapisan atau coating. Pada penelitian ini menggunakan material ASTM A36. Baja ini dijadikan bahan uji karena baja ASTM 36 baja yang sering dijadikan material pada bangunan laut. Metode yang digunakan untuk penelitian adalah dengan memvariasikan sudut blasting dengan coating yang digunakan adalah campuran epoxy dan aluminium serbuk. Variasi campuran coating nya yaitu 10% aluminium serbuk ditambah epoxy, 20% aluminium ditambah epoxy dan 30% aluminium ditambah epoxy. Yang pertamana baja ASTM A36 dipotong menjadi 18 spesimen kemudian coating dilapiskan ke tiap-tiap spesimen dengan campuran aluminium yang sudah divariasikan. Setelah itu ke enam spesimen tersebut diuji kekuatan adhesi dan diuji yang kedua untuk mendapatkan prediksi laju korosi. Pada pengujian Pull-Off nilai terbaik dimiliki oleh spesimen dengan variasi penambahan aluminium serbuk 10% dan variasi sudut blasting 90° dengan nilai sebesar 14.9367 MPa. Sedangkan pada pengujian sel tiga elektroda menunjukkan bahwa ketahanan korosi terbaik didapat pada spesimen dengan penambahan aluminium 30% dan variasi sudut blasting  90° dengan nilai sebesar 0,00008567 mmpy. Untuk pengujian SEM menunjukkan bahwa terlihat pigmen aluminium yang berbentuk platey atau lamellar dan terlihat persebaran aluminium serbuk dipermukaan sampel yang merata.


Keywords


baja ASTM A36; coating; epoxy; aluminium; adhesi; korosi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung