Analisa Fatigue pada Rangka Sepeda Trandem dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga

Arief Maulana, Julendra Bambang Ariatedja
Submission Date: 2019-02-08 19:02:57
Accepted Date: 2019-06-30 00:00:00

Abstract


Sepeda Trandem diciptakan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan sepeda solo dan sepeda tandem dalam satu sepeda. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian-penelitian selanjutnya untuk melengkapi dan mendukung inovasi tersebut. Penelitian dimulai dengan studi literatur, studi awal, serta pengumpulan data-data dari penelitian sebelumnya yang nantinya akan dijadikan dasaran untuk melakukan permodelan pada perangkat lunak elemen hingga. Dilakukan permodelan dengan menggunakan solid meshing dengan ukuran 5 mm dan Span Angle Fine, serta pembebanan diakibatkan oleh pengendara dengan massa 100 kg tanpa memperhatikan kondisi jalan pada pembebanan minimum, dan memperhitungkan kondisi ketika menghadapi speed bump dengan tinggi ± 0.2 m sehingga diberikan koefisien dinamis sebesar 3, data yang akan didapatkan berupa Maximum Stress Principal (Von Mises), yang selanjutnya akan diolah menjadi Fatigue Life dan Fatigue Safety Factor dari sepeda Trandem. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa terjadi overdesign dari segi fatigue, dikarenakan nilai fatigue life yang terlalu besar, sehingga dilakukan improvement pada rangka sepeda Trandem. Improvement dilakukan dengan mengecilkan ketebalan rangka sepeda Trandem, yang semula memiliki tebal sebesar 3 mm menjadi 1.5 mm, dan didapatkan penurunan nilai fatigue life yang signifikan menjadi ±18 tahun dengan nilai fatigue safety factor 0.8626.


Keywords


analisa fatigue; metode elemen hingga; sepeda

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung 22crown login