Keterkaitan Komoditas Unggulan Antar Desa Kota dalam Pengembangan Kawasan Agropolitan Pacet-Mojokerto

Rini Ratna Widya Nirmala, Eko Budi Santoso
Submission Date: 2013-08-19 09:08:51
Accepted Date: 2013-09-01 00:00:00

Abstract


Pembangunan wilayah di tahun 2012 masih dihadapkan pada permasalahan utama yaitu masih tingginya kesenjangan antar wilayah, terutama antara kawasan perdesaan dan perkotaan. Dewasa ini, pembangunan perkotaan tidak memberikan efek penetasan pembangunan pada perdesaan, melainkan pengurasan sumber daya yang ada di perdesaan. Seperti halnya yang terjadi pada kawasan agropolitan di Kecamatan Pacet. Keunggulan usaha budidaya pertanian tidak serta merta membawa kesejahteraan bagi petani. Hal ini dikarenakan aliran komoditas yang belum maksimal dan melemahkan posisi daya tawar petani, sehingga pertumbuhan ekonomi perdesaan semakin tertinggal dari perkotaan. Dalam upaya penyeleseian permasalahan ini, tidak dapat lagi diselesaikan secara terpisah, melainkan dengan intensifikasi keterkaitan desa kota yang bersifat saling menguntungkan. Untuk dapat mengintensifikasikan keterkaitan, maka penting untuk diidentifikasi keterkaitan desa dan kota yang terjadi. Analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian menunjukan keterkaitan antar desa masih kurang terjalin dalam aspek keterkaitan komoditas tanaman pangan dikarenakan faktor jarak. Sedangkan keterkaitan komoditas hortikultura telah cukup terjalin di wilayah studi. Disamping itu, keterkaitan komoditas yang terjadi antara desa-desa di Kecamatan Pacet dengan kota-kota di sekitarnya terjalin dengan kota Mojokerto, Sidoarjo, Jombang, Batu dan Surabaya

Keywords


keterkaitan desa kota; agropolitan; komoditas unggulan

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung