Penentuan Lokasi Stasiun Bike Sharing di Surabaya Timur (Studi Kasus : Migo E-Bike)

Mauludin Rahmawan, Cahyono Susetyo
Submission Date: 2019-07-29 15:18:12
Accepted Date: 2020-01-31 11:11:46

Abstract


Bike Sharing merupakan suatu konsep penggunaan sepeda oleh masyarakat dengan menyewa di stasiun bike sharing. Penggunaan sepeda melalui konsep bike sharing menjadi alternatif transportasi ramah lingkungan demi meminimalisir permasalahan kemacetan dan polusi udara kendaraan bermotor di perkotaan. Migo E-Bike merupakan bike sharing yang beroperasi di Kota Surabaya diharapkan dapat membantu upaya Surabaya Green and Clean dalam mengurangi masalah tersebut. Gerbang awal penggunaan bike sharing dimulai dari stasiun bike sharing. Migo E-Bike hingga saat ini memiliki 100 stasiun yang mereka operasikan dan masih dibutuhkan penambahan agar bike sharing dapat menjangkau tiap wilayah di Kota Surabaya. Penambahan diperkirakan sejumlah 50 stasiun agar stasiun bike sharing tersedia tiap 500 meter. Sehingga diperlukan penelitian untuk mengetahui lokasi yang sesuai untuk stasiun tersebut. Penelitian ini berada pada wilayah Surabaya Timur dengan mempertimbangkan pusat operasionalisasi Migo E-Bike yang terdapat di Surabaya Timur agar memudahkan perawatan sepeda listrik maupun stasiun oleh teknisi yang berasal dari kantor pengelola. Adapun analisis digunakan tiga teknik analisis, pertama yakni Confirmatory Factor Analysis digunakan untuk menentukan variabel yang memengaruhi penentuan lokasi stasiun bike sharing Selanjutnya Analytical Hierarchy Process digunakan untuk menentukan bobot variabel serta digunakan Weighted Sum untuk menentukan area lokasi stasiun bike sharing di Surabaya Timur. Dari analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil akhir berupa lokasi yang sesuai untuk stasiun bike sharing di Surabaya Timur tersebar seluas 1424,08 ha dengan rekomendasi lokasi dari kesesuaian tersebut sebesar 674,63 ha. Rekomendasi lokasi tersebut merupakan hasil kalkulasi lahan yang sesuai (tidak terdapat stasiun) dan lahan yang sesuai (dijangkau stasiun eksisting).


Keywords


Penentuan Lokasi; Bike Sharing; Stasiun Bike Sharing; Surabaya Timur

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung