Pembuatan Sistem Informasi Rekonsiliasi Keuangan Negara Menggunakan PHP dan MySQL

Eko Sigit Purnomo, Febriliyan Samopa
Submission Date: 2013-08-22 00:45:04
Accepted Date: 2013-08-22 14:54:20

Abstract


Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 171 Tahun 2007 setiap Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) wajib melakukan rekonsiliasi transaksi keuangan dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara sebagai kuasa Bendahara Umum Negara di daerah. Rekonsiliasi adalah proses membandingkan catatan keuangan yang ada di Bendahara Umum Negara dengan catatan keuangan yang ada di kementerian/lembaga untuk memastikan bahwa kedua pihak telah mencatat semua transaksi keuangan dengan benar. Proses rekonsiliasi dilakukan dengan cara Bendahara dari satuan kerja yang bersangkutan datang langsung ke KPPN dan menyerahkan dokumenĀ  serta arsip data komputer. Proses rekonsiliasi yang dilakukan dengan datang langsung ke KPPN menyebabkan satuan kerja yang jauh dari KPPN kesulitan untuk melakukan rekonsiliasi karena terkendala masalah jarak dan waktu. Alternatif lain rekonsiliasi adalah dengan mengirim data rekonsiliasi melalui email, namun ketika rekonsiliasi ternyata salah dan harus dilakukan koreksi, satuan kerja mengalami kesulitan dalam koreksi dikarenakan tidak mengetahui data bagian yang harus dikoreksi. Melalui penelitian ini penulis akan membuat Sistem Informasi Rekonsiliasi Keuangan Negara berbasis web menggunakan PHP dan MySQL. Sistem rekonsiliasi ini akan melibatkan satuan kerja dalam mengupload data ADK SAI sebagai masukan dalam proses rekonsiliasi.

Keywords


KPPN; Rekonsiliasi; PHP; MySQL

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung