Optimasi Peletakan Pola Busana pada Kain Menggunakan Alogaritma Genetika

Davin Masasih, Nanik Suciati, Chastine Fatichah
Submission Date: 2019-08-02 16:20:33
Accepted Date: 2020-07-15 00:00:00

Abstract


Produksi pakaian dalam jumlah banyak tentu akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Seorang pembuat pola harus menggandakan pola satu per satu dan harus memikirkan pemetaan pola pada kain yang tepat. Pemetaan yang seadanya akan berdampak pada biaya industri dikarenakan bahan baku mengambil peranan yang sangat penting di dalam efisiensi produksi. Dengan kuantitas bahan baku kain yang minimal, diusahakan dapat menghasilkan kuantitas pola yang maksimal. Oleh karena itu, optimasi bahan baku perlu dilakukan guna mendapatkan tingkat efisiensi produksi yang tinggi, yaitu kebutuhan bahan seminimum mungkin. Pada penelitian ini diimplementasikan algoritma genetika untuk menyelesaikan permasalahan optimasi peletakan pola busana pada kain. Algoritma genetika mampu menyelesaikan masalah kombinatorial dengan waktu yang singkat sehingga memberikan solusi terbaik. Sistem menggunakan metode 2-point crossover pada proses pindah silang, pertukaran gen pada proses mutasi, seleksi dengan Stochastic Universal Sampling, dan evaluasi dengan pergeseran per piksel untuk menghitung nilai fitness yaitu lebar kain minimum yang diperlukan. Data yang digunakan pada sistem berjumlah 339 pola yang terdiri dari berbagai macam pola busana mulai dari atasan, rok, celana, macam-macam model lengan dan kerah, serta gaun. Pola-pola tersebut divisualisasikan dalam format Scalable Vector Graphics. Uji coba dilakukan pada kain berukuran 500x150 dengan variasi banyak generasi yakni 3, 5, 7, 9, dan 11 serta variasi mutation rate dan crossover rate mulai dari 0.1 sampai 0.9. Pada uji coba dengan 6 pola diperoleh hasil terbaik pada generasi 7, mutation rate 0.3, dan crossover rate 0.6 dengan kebutuhan kain minimum yakni 137 piksel atau setara dengan 137 cm.

Keywords


Algoritma Genetika; Optimasi; Peletakan Pola Busana; Scalable Vector Graphics.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung