Perancangan Geometrik dan Perkerasan Jalan Tol Malang - Kepanjen

Wisnu Hardian Pradito, Wahju Herijanto
Submission Date: 2020-08-05 19:35:53
Accepted Date: 2021-01-28 19:23:50

Abstract


Malang merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur dengan jumlah penduduk sebanyak 3.438.010 jiwa yang tersebar di kabupaten dan kota. Dengan banyaknya populasi penduduk menyebabkan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil menjadi bertambah tak terkendali. Hal ini menyebabkan sering terjadinya kemacetan pada berbagai titik di Kota Malang maupun Kabupaten Malang. Karena berbagai permasalahan tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur mengusulkan agar jalan Tol Malang - Pandaan dapat dibangun hingga ke wilayah Kepanjen, Kabupaten Malang. Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis perancangan jalan tol yang menghubungkan daerah Madyopuro dengan daerah Kepanjen. Analisis diawali dengan pekerjaan persiapan, kemudian tinjuan pustaka, selanjutnya pengumpulan dan pengolahan data, kemudian perencanaan berupa perancangan geometrik jalan tol yang meliputi lengkung horizontal dan lengkung vertikal beserta rambu lalu-lintas yang berdasarkan pada Peraturan Bina Marga No.007/BM/2009, perencanaan tebal perkerasan kaku yang didasarkan pada Peraturan Pd T-14-2003, perencanaan saluran tepi (drainase) yang mengacu pada Peraturan SNI 03-3424-1994 dan Peraturan Pd. T-02-2006-B, dan perencanaan anggaran biaya yang berdasarkan pada Harga Satuan Pokok Kerja (HSPK) Pemerintah Kota Malang tahun 2018. Setelah dilakukan analisis pada perancangan jalan tol ini, didapatkan panjang jalan tol ini adalah 21,04 km dengan Point of Interest (PI) sebanyak 11 buah dan Point Vertical of Interest (PVI) sebanyak 14 buah serta digunakan rambu lalu lintas sebanyak 151 buah. Kemudian digunakan perkerasan kaku setebal 265 mm dengan subbase berupa Campuran Beton Kurus (CBK) setebal 100 mm dan diberi lapisan tambahan aspal setebal 50 mm. Total biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tol ini sebesar Rp 952.053.675.000,00 dengan biaya per km sebesar Rp 45.249.699.382,13.

Keywords


Anggaran Biaya; Drainase; Geometrik Jalan; Jalan Tol; Perkerasan Kaku.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung