Identifikasi Karakteristik Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata Geotourism di Desa Wonocolo, Kabupaten Bojonegoro

Achmad Farabi Calyandra, Hertiari Idajati
Submission Date: 2020-08-20 14:52:07
Accepted Date: 2021-01-25 21:25:30

Abstract


Desa Wonocolo termasuk salah satu desa di Kabupaten Bojonegoro yang memiliki potensi pariwisata berbasis geologi yang sedang dikembangkan yaitu Geopark Wonocolo atau lebih dikenal dengan nama Teksas Wonocolo berdasarkan RIPARDA Kabupaten Bojonegoro tahun 2019-2034. Selain itu desa ini memiliki pokdarwis (kelompok sadar wisata) sebagai pengembang dan pengelola wisata di Desa Wonocolo. Namun, dalam pengembangan pariwisata di Desa Wonocolo sendiri masih terdapat masalah salah satunya yaitu dari segi partisipasi masyarakat lokal yang belum meningkat dikarenakan kebanyakan masyarakat masih belum melihat peluang bahwa sektor pariwisata dapat menjadi salah satu mata pencaharian yang berpotensi serta wisata yang ditawarkan terbilang monoton contohnya saja hanya ada kegiatan tour guide dan edukasi yang hanya ada di museum geopark. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi karakteristik partisipasi masyarakat di Desa Wonocolo yang berkaitan dengan pengembangan pariwisata geotourism. Untuk menentukan karakteristik partisipasi masyarakat ini digunakan teknik content analysis dengan melibatkan para stakeholder yang telah ditentukan sebagai responden yang terdiri dari pemerintah, swasta, bumn, dan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, dapat ditemukan karakteristik partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata geotourism di Desa Wonocolo, sebagai contohnya antara lain : Masyarakat aktif mengikuti seminar tentang pengembangan wisata yang diselenggarakan pemerintah yang diselenggarakan pemerintah, Masyarakat masih merencanakan dalam penyediaan sarana edukasi untuk wisatawan di area tambang, serta Tidak terdapatnya partisipasi masyarakat terkait pembangunan sarana pariwisata di Desa Wonocolo.

Keywords


Geotourism; Partisipasi Masyarakat; Karakteristik Partisipasi Masyarakat

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung