Analisis Kekuatan Body Terhadap Impact pada Mobil Flood Rescue Vehicle dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga

Ryzqy Kumara Dhana, Julendra Bambang Ariatedja
Submission Date: 2020-08-26 15:05:46
Accepted Date: 2021-01-28 19:31:11

Abstract


Flood rescue vehicle (FRV), sebagai salah satu kendaraan untuk mengevakuasi korban banjir haruslah memiliki struktur body yang kuat agar tidak mudah rusak dan juga mampu melindungi penumpang. Oleh sebab itu diperlukan suatu pengujian untuk membuktikan kekuatan struktur mobil tersebut. Dalam tugas akhir ini dilakukan pengujian tabrak samping atau side crash test pada struktur body secara simulasi menggunakan software ANSYS. Body mobil FRV dimodelkan menggunakan software Solidwork dengan dimensi yang disesuaikan dengan ukuran asli dari mobil FRV. Simulasi pada software ANSYS diawali dengan memasukkan material body FRV dan mengatur kondisi batas yang digunakan, dilanjutkan dengan proses meshing dan uji konvergensi untuk menentukan konvergensi dari hasil proses mesh. Dilanjutkan dengan mengatur initial condition yang disesuaikan dengan pengujian standar FMVSS 214 side pole dan IIHS moving deformable barier. Setelah dilakukan simulasi, diamati hasil deformasi dan energy serapan yang terjadi akibat beban impact sehingga dapat diamati kesesuaian desain struktur body dengan standar produksi yang berlaku. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa desain body mobil FRV lolos standar IIHS, namun memiliki hasil kurang baik pada pengujian tabrak dengan kendaraan bermassa sama dan pada side pole dengan kecepatan maksimal, yang memiliki nilai deformasi sebesar 37,98 cm dan 37,152 cm. Adapun perbedaan hasil simulasi impact dipengaruhi oleh massa dan kecepatan pada kondisi batas simulasi.

Keywords


Body;Deformasi;FRV;Impact;Tabrak Samping

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung