Analisis Faktor Kecelakaan Lalu Lintas Surabaya Berdasarkan Perspektif Tata Ruang Melalui Pemodelan Spasial

Yulia Yarsi Nur Adlina, Siti Nurlaela
Submission Date: 2021-03-05 10:11:27
Accepted Date: 2021-08-31 07:56:18

Abstract


Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi. Menurut data Statistik Transportasi Darat, Provinsi Jawa Timur menyumbang angka kecelakaan lalu lintas paling tinggi di Indonesia pada tahun 2018. Surabaya yang merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Timur memiliki angka kecelakaan lalu lintas yang selalu meningkat dari tahun 2014-2017. Berdasarkan penelitian terdahulu, angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor lebih tinggi dibanding moda transportasi lainnya. Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Surabaya dari perspektif tata ruang belum banyak dibahas sebelumnya. Studi untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas di Surabaya perlu dilakukan, salah satu caranya yaitu dengan pemodelan spasial kecelakaan lalu lintas dengan bantuan perhitungan statistik dan Sistem Informasi Geografis (GIS). Data kecelakaan lalu lintas dihimpun dari Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur (Ditlantas Polda Jatim), kemudian dilakukan identifikasi karakteristik kecelakaan lalu lintas Surabaya. Setelah itu dilakukan pemodelan spasial menggunakan analisis hot spot untuk memetakan daerah rawan kecelakaan di Surabaya dan Count Incident by Line of Communication untuk memetakan frekuensi kecelakaan di setiap ruas jalan. Berikutnya, dilakukan analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kecelakaan, menggunakan chi-kuadrat, koefisien kontingensi, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa faktor penggunaan lahan, tipe jalan, jumlah arah, jumlah lajur, dan keberadaan median memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecelakaan lalu lintas di Surabaya. Informasi ini berguna bagi pembuat kebijakan di bidang tata ruang dan transportasi untuk merumuskan strategi yang dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas Surabaya.

Keywords


Kecelakaan Lalu Lintas; Pemodelan Spasial; Sistem Informasi Geografis; Surabaya; Transportasi.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung