Perancangan Geometri Jalan Kereta Api Penajam Paser Utara - Balikpapan, Kalimantan Timur

Lulu Mumtaza Kaysa, Budi Rahardjo
Submission Date: 2021-03-03 15:37:35
Accepted Date: 2021-08-31 07:56:37

Abstract


Kalimantan Timur memiliki potensi hasil pertambangan yang melimpah, khususnya minyak bumi dan gas alam. Namun, potensi sumber daya yang melimpah ini masih belum dioptimalkan dengan infrakstruktur yang ada, termasuk sektor transportasi. Pembangunan sektor transportasi harus berorientasi pada kebutuhan manusia, bukan pada kepentingan mobilitas kendaraan pribadi. Kereta api menjadi salah satu solusi yang tepat karena memiliki kapasitas angkut yang besar, cepat, aman, hemat energi, dan ramah lingkungan serta membutuhkan lahan yang relatif sedikit. Hal ini juga didukung oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub) yang berencana menyiapkan moda transportasi massal untuk menghubungkan wilayah Ibu Kota dengan wilayah penyangga, terutama dari pintu masuk Kalimantan Timur, salah satunya Kota Balikpapan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perencanaan jalur kereta api yang tepat sesuai dengan kondisi topografi dan persyaratan yang ada. Dengan memerhatikan data sekunder seperti peta topografi, data kereta api, lokomotif, dan bantalan maka dapat dilakukan penentuan trase rencana yang mengacu pada RIPNas 2030. Berdasarkan perancangan geometrik jalan rel yang berupa lengkung horizontal dan vertikal, perencanaan konstruksi jalan rel menggunakan PM No.60 Tahun 2012 dan PD No.10 PJKA Tahun 1986 didapatkan hasil perancangan geometrik jalan kereta api Penajam Paser Utara – Balikpapan dengan panjang jalur 77,215 km menggunakan kecepatan rencana 80 km/jam. Desain lengkung horizontal menggunakan jenis S-C-S untuk 43 tikungan dengan jari-jari minimum 350 m. Pada analisis konstruksi jalan rel, jalur ganda Penajam Paser Utara – Balikpapan termasuk kategori kelas jalan III yang didesain menggunakan jenis rel R54 dengan lebar sepur 1.435 mm. Bantalan yang digunakan yaitu bantalan beton dengan penambat elastis ganda tipe E-Clip dan jarak antar bantalan 60 cm serta dengan tebal lapisan balas 30 cm dan subbalas 45 cm.

Keywords


Balikpapan; Jalan Rel; Kereta Api; Konstruksi Jalan Rel; Penajam Paser Utara.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung