Analisa Pondasi Gedung Maritime Tower di Tanjung Priok, Jakarta Utara

Teguh Ismareza, Indrasurya Budisatria Mochtar, Putu Tantri Kumala Sari
Submission Date: 2021-03-04 09:18:47
Accepted Date: 2021-08-31 07:53:52

Abstract


Gedung Maritime Tower dibangun untuk mempermudah urusan pelayanan jasa kepelabuhan di Indonesia seperti operator pelabuhan, bea cukai, shipping line dan pihak lain saling terpadu di satu tempat. Gedung Maritime Tower akan dibangun dua gedung dengan ketinggian lantai yang berbeda. Gedung pertama memiliki ketinggian 6 lantai dan gedung kedua memiliki ketinggian 24 lantai. Dalam pembangunan gedung tersebut menggunakan tiang pancang, tetapi berdasarkan peraturan lingkungan tidak diizinkan untuk menggunakan tiang pancang dengan memancang atau dengan cara injeksi. Sehingga, diperlukan alternatif pondasi lain yang tidak mengganggu lingkungan. Pada tugas akhir ini, pembangunan gedung 6 lantai akan direncanakan dengan dua alternatif, yaitu dengan menggunakan pondasi dangkal dan pondasi dalam. Untuk perencanaan pondasi dangkal, direncanakan dengan pondasi rakit dengan adanya perbaikan tanah dengan preloading kombinasi PVD. Perencanaan preloading dilakukan dengan menghitung tinggi surcharge timbunan yang ekuivalen dengan beban bangunan gedung tersebut. Untuk alternatif lain, perencanaan gedung 6 lantai dilakukan dengan menggunakan pondasi dalam jenis bored pile tanpa adanya perbaikan tanah. Untuk perencanaan gedung 24 lantai direncanakan dengan pondasi dalam bored pile. Dari hasil analisa yang dilakukan, Perencanaan pondasi rakit dengan perbaikan tanah dibutuhkan biaya sebesar Rp. 10.911.251.237. Untuk perencanaan alternatif pondasi dengan pondasi bored pile,gedung 6 lantai Rp. 8.227.707.593 dan gedung 24 lantai dibutuhkan biaya sebesar Rp.10.132.03.365.

Keywords


Pondasi Rakit; Pondasi Bored Pile; Preloading; Prefabricated Vertical Drain; Raft Foundation.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung