Automatic Transfer Switch Dilengkapi Fitur Monitoring Website pada On-Grid Solar Home System

Iqbal Aulia Lazuardi, Imam Wahyudi Farid, Ciptian Weried Priananda
Submission Date: 2021-08-18 01:00:56
Accepted Date: 2021-12-22 12:45:18

Abstract


Penggunaan photovoltaic sangat meningkat untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. Namun saat ini penggunaan energi listrik dari photovoltaic belum dapat dimonitoring dan dikontrol dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari cepat rusaknya baterai dan sistem photovoltaic yang digunakan pada Solar Home System (SHS). Oleh karena itu, diperlukan sebuah perangkat monitoring serta kendali untuk membantu pembagian besaran daya yang keluar dari photovoltaic untuk suplai beban rumah tangga. Automatic Transfer Switch (ATS) merupakan alat yang dapat melakukan pergantian porsi suplai energi listrik secara otomatis memanfaatkan cara kerja relay dengan memperhatikan kondisi presentase dari baterai. ATS dilengkapi dengan sistem monitoring berbasis website dengan menggunakan metode Network Control System yang dapat melakukan kontrol dan monitoring secara real time. Sistem Automatic Transfer Switch dapat melakukan switching atau perpindahan beban dari sumber utama ke sumber cadangan berdasarkan kondisi presentase dari baterai saat mencapai nilai sebesar 11,4 Volt dengan kapasitas baterai berkisar antara 36%-38%. Sehingga ATS melakukan cut off sumber dari PLTS dan mengalihkan beban pada sumber PLN tanpa jeda. Pada sistem monitoring ATS menggunakan metode Moving Average sebagai filter hasil data yang tidak sesuai pada pengukuran keluaran photovoltaic, dan didapatkan grafik monitoring tegangan dan arus photovoltaic yang lebih stabil. Dengan MAE tegangan PV = 1,368 V, MAE arus PV = 0, 152 A dan MSE tegangan PV= 3,389 V, MSE arus PV = 0,079 A. Serta penggunaan metode Network Control System dengan pemograman millis interrupt pada kendali relay ATS didapatkan rata-rata hasil delay relay 1 dan relay 2 sebesar 1,034 seconds jauh lebih baik daripada penggunaan pemrograman tanpa millis interrupt yaitu sebesar 61 seconds. Hal tersebut tentunya berpengaruh pada keefektifan kerja dari relay kontrol.

Keywords


Automatic Transfer Switch; Monitoring Website; Moving Average; Network Control System; Solar Home System

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung