Analisis Potensi Rute Penerbangan Bandar Udara Singkawang Terkait Keberlangsungan Operasional Bandar Udara

William Bunkharisma, Ervina Ahyudanari
Submission Date: 2021-08-18 17:11:20
Accepted Date: 2021-12-22 17:43:06

Abstract


Kota Singkawang memiliki potensi pariwisata yang besar dikarenakan keragaman budaya dan keindahan alamnya. Dalam meningkatkan potensi pariwisata Kota Singkawang, pemerintah berencana untuk membangun bandar udara di Kota Singkawang untuk meningkatkan aksesibilitas menuju Kota Singkawang. Pembangunan suatu bandar udara memerlukan biaya yang besar agar bandar udara dapat beroperasional untuk melayani maskapai penerbangan dan pengguna jasa angkutan udara. Salah satu sumber pemasukan terbear dari suatu bandar udara adalah jumlah jasa angkutan udara yang terdapat di bandar udara tersebut. Oleh karenanya mengetahui potensi rute penerbangan di suatu bandar udara dapat menentukan keberlangsungan operasional di sebuah bandar udara. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah dengan menganalisis potensi rute penerbangan berdasarkan daerah tangkapan, biaya dan durasi penerbangan tiap rute. Dari hasil analisis Penelitian ini diperoleh pesawat dengan jangkauan penerbangan optimum terbesar yang dapat beroperasi di bandar udara Singkawang adalah Boeing 737 8 – Max. Kemudian berdasarkan pesawat yang dapat beroperasi di bandar udara Singkawang, terdapat 39 rute penerbangan domestik potensial. Untuk mengetahui rute potensial digunakan analisis daerah tangkapan dari tiap bandar udara di Indonesia untuk memperoleh jumlah populasi dan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) yang akan berpengaruh dengan besarnya potensi penerbangan antar dua bandar udara. Daerah tangkapan bandar udara Singkawang akan melayani 1.119.861 orang dan PDRB sebesar Rp 1.389.941 miliar pada awal beroperasional. Untuk biaya penerbangan tiap rute termasuk cukup kompetitif, sebagai contoh untuk rute penerbangan bandar udara Singkawang menuju bandar udara Soekarno – Hatta dengan pesawat Airbus A320 – 200 memerlukan biaya jasa penerbangan sebesar Rp 1.296.149/seat. Adapun bandar udara yang memiliki potensi tertinggi untuk dibukanya rute menuju bandar udara Singkawang seperti Soekarno – Hatta, Husein Sastranegara, Ahmad Yani, Radin Inten II dan Sultan Mahmud Badaruddin II.

Keywords


Analisis Rute Potensial; Catchment Area; Biaya dan Waktu Rute Penerbangan

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung