Analisis Geometri Pemodelan 3D Bangunan Gedung Teknik Geomatika ITS Menggunakan Kamera 360º

Komang Bayu Angga Sardana, Agung Budi Cahyono
Submission Date: 2021-08-18 20:36:03
Accepted Date: 2021-12-22 11:53:04

Abstract


Pemodelan tiga dimensi saat ini telah digunakan dalam visualisasi untuk mengetahui kondisi lingkungan yang nyata terutama dalam bentuk pengenalan bangunan arsitektural. Pembentukan model tiga dimensi bisa menggunakan Kamera 360º. Metode yang digunakan pada pembentukan model tiga dimensi dengan foto 360º adalah metode fotogrametri terestrial, dimana metode ini dapat digunakan pada bangunan arsitektural yang memerlukan koordinat lokal dalam pembentukannya. Kondisi Coplanarity digunakan dalam proses pembentukan model tiga dimensi, dimana satu foto digunakan sebagai acuan dalam proses overlapping antar foto sehingga membentuk model tiga dimensi. Kamera yang digunakan pada penelitian ini adalah Kamera 360º Ricoh Theta SC2, dimana ukuran gambar yang dihasilkan sebesar 5376 × 2688 dengan sensor CMOS. Model yang dihasilkan dari foto 360º berupa data TIN yang tersusun dari jaring-jaring segitiga sehingga data ini saling terhubung dan membentuk model tiga dimensi dengan metode Polyhedral. Dari penelitian ini didapatkan model tiga dimensi 10 ruangan pada Gedung Baru Departemen Teknik Geomatika ITS. Terdapat dua nilai RMSE yang diujikan berupa RMSE keliling model dan RMSE tinggi model, dimana nilai RMSE keliling model didapatkan nilai berkisar pada 0,013 – 0,181 meter dan untuk nilai RMSE tinggi model didapatkan nilai berkisar pada 0,004 – 0,113 meter. Uji akurasi ketinggian model dilakukan menggunakan data validasi berupa data pengukuran langsung dilapangan dengan menggunakan alat Total Station Reflectorless Hi Target ZTS-320R yang telah dilakukan kalibrasi, hal ini dikarenakan data ketinggian di dalam ruangan tidak disajikan pada data As-Built. Melalui uji akurasi dihasilkan model dari foto 360º memiliki ketelitian LOD 4.

Keywords


Model 3D; Kamera 360º; Fotogrametri Terestrial; LOD

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung