Analisis Kelayakan Dari Segi Ekonomi dan Finansial Teman Bus dengan Program Buy the Service Rute Terminal Purabaya-Kenjeran

Thobie Rahardian Priyandono, Wahju Herijanto, Anak Agung Gde Kartika
Submission Date: 2021-08-19 10:18:52
Accepted Date: 2021-12-22 17:44:17

Abstract


berpengaruh ke pertumbuhan ekonomi daerah karena mengakomodir kegiatan penduduk yang menggerakkan perkonomian di Surabaya khususnya transportasi umum. Kementrian Perhubungan akan memberikan bantuan operasional angkutan perkotaan dengan program Buy The Service (BTS) dengan nama TEMAN Bus di Surabaya pada tahun 2021. Dengan keunggulan, rencana rute, dan konektivitasnya dengan angkutan umum lain diharapkan bisa mengakomodir dan meningkatkan minat dari masyarakat Kota Surabaya untuk menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi. Sebelum itu perlu dilakukan analisis dari segi ekonomi dan finansial untuk mengetahui kelayakan dari angkutan umum TEMAN Bus ini, Untuk segi ekonomi, digunakan parameter BCR dan NPV untuk acuan kelayakan. Sementara untuk segi finansial digunakan parameter BCR, NPV, IRR, dan Payback Period. Selain melakukan analisis kelayakan, juga perlu dianalisis untuk calon penumpang (demand) dari TEMAN Bus di masa yang akan datang dengan data yang didapatkan melalui formulir survei penumpang. Dari analisi kelayakan ekonomi, didapatkan BCR didapatkan sebesar 3,35>1 dengan nilai NPV sebesar Rp2.364.901.287.965>0. Sementara untuk segi finansial, didapatkan BCR didapatkan sebesar 1,092>1, NPV sebesar Rp92.353.413.952>0, IRR sebesar 6,61%>4,37%, payback period pada tahun ke-26 bulan ke-7 < masa konsesi 29 tahun. Sehingga dari segi ekonomi dan finansial dapat dikatakan layak.

Keywords


Demand penumpang; Studi Kelayakan; TEMAN Bus; Transportasi Umum

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung