Implementasi Sistem Kontrol Penakar Bubuk Jamu Menggunakan Logika Fuzzy Di Lini Proses Pengemasan

Iqbal Sholehudin Ghofur, Slamet Budiprayitno, Lucky Putri Rahayu
Submission Date: 2021-08-21 00:04:17
Accepted Date: 2021-12-22 17:04:21

Abstract


Proses penakaran dengan menggunakan cara manual dan menggunakan timbangan analog dengan kapasitas maksimal lebih besar dari produk yang ditimbang tentunya akan sulit untuk menyeragamkannya. Tentunya disetiap penakarannya akan berlebih maupun kurang. Jika dalam penakaran selalu berlebih maka akan berdampak kerugian bagi pengusaha. Maka dibutuhkan suatu sistem kontrol penakaran yang memiliki skala kecil dan dapat mengurangi kelebihan dalam penakaran. Salah satu kontrol yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan kontrol logika fuzzy. Pemilihan logika fuzzy sebagai kontrol pada sistem penakar ini adalah kesederhanaan metodenya dan mudah diterapkan pada banyak hal. Dalam logika fuzzy terdapat tiga tahapan, yaitu fuzzyfikasi, inferensi, dan defuzzyfikasi. Dari hasil defuzzyfikasi nantinya akan digunakan untuk mengendalikan kecepatan screw conveyor sehingga hasil penakaran tidak melebihi dari target. Pengujian dilakukan dengan dua variasi penimbangan yaitu 50 gram dan 100 gram. Hasil penakaran dengan menggunakan logika fuzzy dengan target netto 50 gram menghasilkan penakaran dengan kesalahan rata-rata sebesar 1,17 gram dengan rata-rata waktu proses penakaran 6,3 detik. Sedangkan dengan target netto 100 gram menghasilkan penakaran dengan rata-rata kesalahan sebesar 1,78 gram dengan rata-rata waktu penakaran 7,02 detik.

Keywords


Kontrol; Logika Fuzzy; Netto Produk; Penakaran

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung