Implementasi Sistem Kontrol Kadar Ozon Menggunakan Logika Fuzzy dan Monitoring Performa pada Sterilisator

Boerhanudin Mohammad, Lucky Putri Rahayu, Dwiky Fajri Syahbana
Submission Date: 2021-08-21 22:08:27
Accepted Date: 2021-12-22 17:04:26

Abstract


Subsistem kadar ozon pada alat sterilisator belum memiliki fitur untuk kontrol kadar ozon. Karena ozon dengan konsentrasi lebih dari 1 ppm memiliki efek buruk pada kesehatan, oleh karena itu perlu dikendalikan kadar ppmnya agar tidak menimbulkan efek buruk pada kesehatan. Serta belum ada fitur monitoring performa pada sterilisator untuk memantau kinerja alat selama proses sterilisasi berlangsung. Pada subsistem kontrol kadar ozon menggunakan metode fuzzy untuk mengendalikan kadar ozon yang akan masuk ke box sterilisator dengan input error dan delta error kadar ozon serta aktuator berupa motor servo yang dikople dengan valve untuk mengatur derajat buka tutup valve agar dapat mengendalikan jumlah ozon yang akan masuk ke dalam box sterilisator. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah respon peralihan sistem pada konfigurasi close loop dengan FLC jauh lebih lambat dibandingkan dengan open loop. Yang mana pada pengujian open loop untuk mencapai kadar ozon sebesar 3 ppm dibutuhkan delay time (Td) sebesar 6,5 detik, rise time (Tr) sebesar 6,34 detik, peak time (Tp) sebesar 20 detik dan settling time (Ts) sebesar 10,45 detik sedangkan pada pengujian close loop membutuhkan delay time (Td) sebesar 8,05 detik, rise time (Tr) sebesar 10,1 detik, peak time (Tp) sebesar 40,21 detik dan settling time (Ts) sebesar 15,15 detik. Serta fitur monitoring pada sterilisator dapat digunakan untuk memantau kinerja alat, yang mana data ditampilkan berupa nilai angka dan grafik secara realtime dengan delay sekurang-kurangnya membutuhkan waktu 4,35 detik.

Keywords


Kontrol Ozon; Logika Fuzzy; Realtime Monitoring; Sterilisator

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung