Optimasi Web Frame dan Senta Kapal Sesuai Peraturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Dengan Bahasa Pemrograman

Gea Ihza Miliniati, Dony Setyawan
Submission Date: 2021-08-30 20:35:13
Accepted Date: 2021-12-22 11:35:57

Abstract


Konstruksi kapal terdiri dari tiga jenis utama yaitu sistem konstruksi melintang ,sistem konstruksi memanjang, dan sistem konstruksi campuran. Sistem konstruksi melintang digunakan frame atau gading untuk menyangga konstruksi dibagian sisi kapal. Gading dipasang melintang pada sisi kapal mulai dari bilga sampai geladak atau dari geladak sampai geladak berikutnya. Sebagian dari gading ini digantikan dengan gading besar (web frame) yang pada umunya berjarak 3 sampai 5 jarak gading. Senta sisi merupakan penumpu pembujur yang terbuat dari profil baja atau pelat bilah dan pelat hadap, yang dipasang pada kedua sisi kapal sebelah dalam diatas bilga. Seringkali ukuran profil web frame dan senta tersebut terlalu besar sehingga berat kapal menjadi bertambah dan dapat mengurangi stabilitas kapal. Pengoptimasian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran profil optimum web frame dan senta kapal pada cargo hold dan engine room kapal. tug ini menggunakan software Visual Studio untuk menghitung dan mengoptimasi profil web frame dan senta sesuai dengan peraturan BKI dengan batasan merupakan nilai modulus desain. Berdasarkan hasil optimasi dengan software menunjukkan bahwa aplikasi dapat melakukan optimasi ukuran profil web frame dan senta kapal kargo 10000 DWT sesuai dengan modulus minimum berdasarkan perhitungan dan tidak melebihi batasan selisih modulus profil desain dengan modulus perhitungan BKI yaitu <10%. Perhitungan optimum kapal kargo 10000 DWT ukuran web frame pada modulus 1583.808 cm3 untuk bagian cargo hold adalah 170x510x10 mm dan perbandingan 1:3 adalah perbandingan paling optimum. Ukuran optimum web frame dengan 2632.858 cm3 pada bagian engine room adalah ukuran 325x650x8 mm,dan perbandingan 1:2 adalah perbandingan paling optimum dengan berat per meter paling ringan. Perhitungan optimum ukuran senta pada modulus 799.91 cm3 untuk bagian cargo hold adalah 210x420x6 mm, dan perbandingan 1:2 adalah perbandingan paling optimum. Perhitungan optimum ukuran senta pada bagian engine room sama nilainya dengan perhitungan optimum ukuran web frame pada engine room.

Keywords


Web Frame; Senta Kapal;Optimasi;Modulus;BKI

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung