Perancangan Metamodel Registry Untuk Rekam Kesehatan Elektronik Berdasarkan Standar ISO/IEC 11179 (Studi Kasus : Rumah Sakit Haji Surabaya)

Mochammad Baihaqi, Sholiq Sholiq, Anisah Herdiyanti
Submission Date: 2014-08-24 12:04:46
Accepted Date: 2014-09-14 00:00:00

Abstract


Pada saat ini pengelolaan data sudah menerapkan sistem rekam kesehatan elektronik dalam pelayanan kesehatan pada sebuah instansi atau lembaga kesehatan seperti Puskesmas, Rumah Sakit dan Klinik. Tetapi sistem tersebut belum diintegrasikan dengan baik dan dikembangkan untuk dapat men sharing data antar organisasi. Untuk itu pelayanan kesehatan secara elektronik melibatkan pengelolaan data yang perlu dirancang secara terstruktur dan terintegrasi agar sistem tersebut dapat berjalan dengan baik dalam menyelaraskan sistem data pada pelayanan kesehatan.

Penelitian ini akan berfokus menggunakan terminology pada percancangan metamodel registry berdasarkan data dalam concepual data model (CDM) yang menyesuaikan standar ISO/IEC 11179 bagian 4 dan 5. Perancangan metamodel registry dilakukan dengan beberapa tahap dengan menggunakan studi kasus Rumah Sakit Haji Surabaya. Metamodel registry dirancang menggunakan terminology konseptual data elemen tentang penamaan dan definisi data. Kemudian dilakukan verifikasi untuk memastikan perancangan metamodel registry sudah memenuhi standar ISO/IEC 11179 dan disusun dalam bentuk Data Dictionary untuk memperbaiki penamaan dan definisi dari conceptual data model (CDM)

Tugas Akhir ini diharapkan untuk memberikan gambaran pengelolaan data pada sistem data pelayanan kesehatan dan dapat diusulkan ke pusat kesehatan kota untuk memperbaiki sektor data kesehatan agar sistem data selaras dan dapat di sharing antar organisasi.

Keywords


rekam kesehatan elektronik; conceptual data model; data dictionary; metamodel registry; ISO/IEC 11179; Rumah Sakit Haji Surabaya

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung