Optimasi dan Redesain Sistem Pengelolaan Sampah di TPST Lingkar Timur Kabupaten Sidoarjo

Ayu Auliya Rahmah, Yulinah Trihadiningrum
Submission Date: 2022-02-07 23:01:18
Accepted Date: 2022-08-29 16:21:58

Abstract


Pemerintah Kabupaten Sidoarjo membangun TPST Lingkar Timur yang beroperasi sejak 12 Desember 2015. TPST tersebut melayani sebagian besar sampah di Kecamatan Sidoarjo, Candi, dan Buduran dengan total 6.510 KK. Kondisi yang ada di TPST ini masih belum sesuai dengan Permen PU nomor 03/PRT/M/2013, karena belum memiliki zona penyangga, sistem pengendalian pencemaran lingkungan, dan instalasi pengolahan. Selain itu, belum ada tempat untuk menyimpan sampah terpilah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kuantitas dan komposisi sampah yang diolah di TPST, mengevaluasi kondisi eksisting pengelolaan sampah di TPST Lingkar Timur, dan merencanakan ulang desain dan optimasi pengelolaan sampah di TPST, meliputi dari aspek teknis dan finansial. Perencanaan diawali dengan kegiatan survei dan sampling untuk mendapatkan data berupa kuantitas sampah yang ditangani, data komposisi sampah, densitas sampah, potensi daur ulang sampah, juga kondisi sarana serta prasarana yang ada. Hasil penelitian menunjukkan komposisi sampah terdiri dari sisa makanan dan kebun (44,6%), plastik (30,92%), kardus/karton (9,82%), kain (1,90%), kaca (1,16%), logam (0,60%),karet/kulit 0,44%, B3 rumah tangga (0,2%) dan lain-lain (10,37%). Selain itu terdapat fasilitas lain yang tidak tercatat pada Permen PU nomor 03/PRT/M/2013 yaitu fasilitas berupa kamar tidur, dapur, dan warung. Optimasi pengelolaan sampah dilakukan dengan hanya mengolah jenis sampah kering (plastik, kaca, logam, karet/kulit). Pemilahan dilakukan dengan kecepatan 80 kg/jam/orang agar mencapai nilai reduksi hingga 35,82%, dan memenuhi target pengurangan sampah Jakstrada Kabupaten Sidoarjo tahun 2025. Luas lahan optimasi yang dibutuhkan yaitu 2.931,4 m2 dengan tenaga kerja berjumlah 50 orang. Lahan yang ada, dapat melayani sampah hingga 6.825 KK dan 36 fasilitas umum. Biaya investasi yang dibutuhkan yaitu Rp 1.157.344.970 dan biaya operasional Rp 2.287.316.928/tahun. Potensi pemasukan dari penjualan dan retribusi yaitu Rp 306.152.422/bulan. Dengan metode NPV proyek redesain ini dianggap layak secara finansial.

Keywords


Optimasi; Pengelolaan; Redesain; Sidoarjo; TPST

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung