Estimasi Kanal dengan Pendekatan Linear Piece Wise untuk Mitigasi ICI pada Sistem OFDM Mobile

Adhe Budi Santoso, Titiek Suryani, Gamantyo Hendrantoro
Submission Date: 2012-07-26 14:38:10
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


Sistem transmisi OFDM merupakan sistem transmisi yang menggunakan beberapa buah frekuensi yang saling orthogonal. Transmisi OFDM digunakan karena dapat mengoptimalkan pemakaian spektrum, memiliki efisensi pemakaian frekuensi yang lebih baik  dan tahan terhadap frequency selective fading. Namun untuk aplikasi pada kanal OFDM Mobile, perubahan kanal terhadap waktu akibat Doppler akan menimbulkan interferensi yaitu berupa intercarrier-interference (ICI) pada OFDM yang dapat mempengaruhi performa kinerja sistem. Untuk itu dibutuhkan estimasi kanal untuk keperluan mitigasi ICI.

Pada simulasi, estimasi pada kanal OFDM Mobile menggunakan pendekatan linier piece wise untuk keperluan Mitigasi intercarrier-interference (ICI), pada sistem transmisi ini baik dengan bantuan cyclic prefix (satu-slope) dan menggunakan bantuan adjacent symbol (dua-slope). Hasil akhir yang ingin dicapai adalah perbandingan dari hasil perhitungan BER pada kanal yang diestimasi dengan interpolasi linier piece wise yang menggunakan pencarian slope dengan metode satu slope yang memanfaatkan informasi dari cyclic prefix dengan yang menggunakan metode dua slope yang memanfaatkan informasi hasil estimasi titik tengah dari dua simbol yang saling berdekatan.

Dari hasil simulasi  berdasarkan variasi banyaknya jumlah iterasi antara dua algoritama pada estimasi linier piece wise, dapat disimpulkan bahwa algoritma (two-slope) mampu mengestimasi kanal lebih baik daripada dengan menggunakan informasi dari cyclic prefix (one-slope), hal ini bisa dilihat dari error yang dihasilkan lebih kecil yaitu 2.10-1 - 4.10-5 untuk iterasi sebanyak 10 kali dengan fd=0.02, ini jauh lebih baik daripada yang dengan menggunakan metode (one-slope) yang memiliki error 3.10-1 - 9.10-5 untuk iterasi yang sama dengan nilai fd sama, lebih buruk 5.10-5 daripada two-slope di SNR 40.

Keywords


Cyclic prefix; linier piece wise; mobile-to-fix; OFDM

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung