Perhitungan Waktu dan Biaya Pelaksanaan Proyek Pembangunan Apartemen Solo Urbana Residence Tower D dengan Metode Half Slab

Izza Aulia Dewi, Sukobar Sukobar
Submission Date: 2022-02-14 16:08:30
Accepted Date: 2022-08-29 16:23:10

Abstract


Proyek Pembangunan Apartemen Solo Urbana Residence yang dimiliki PT. Mulia Properti Indah merupakan suatu proyek gedung apartemen di lahan seluas 1,6 Ha yang terdiri dari 7 tower yaitu tower A-G dengan jumlah lantai yang bervariasi yaitu 7-13 lantai dengan konsep Urban Smart Living and Investment. Proyek ini berlokasi di Jl. Ring Road Utara KM 6.7, Desa Mipitan, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Dalam penyusunan proyek akhir ini akan membahas perhitungan waktu dan biaya dari Proyek Pembangunan Apartemen Solo Urbana Residence Tower D yang memiliki luas bangunan ±6.000 m2 dengan jumlah 13 lantai hunian dan 1 lantai atap. Perhitungan waktu dapat diperoleh dengan menghitung volume per item pekerjaan dibagi dengan kapasitas produksi tiap pekerjaan sehingga dapat diperoleh nilai produktivitas dan durasinya. Sedangkan untuk biaya pelaksanaan berkaitan dengan volume per item pekerjaan, nilai produktivitas, harga upah pekerja, harga sewa alat berat, dan harga material yang digunakan. Sehingga dapat disusun Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP) dan dapat diperoleh pula bobot tiap item pekerjaan. Proyek Pembangunan Apartemen Solo Urbana Residence menggunakan metode pengecoran konvensional. Namun dalam penyusunan proyek akhir ini digunakan metode half slab untuk struktur pelat lantai. Dalam melakukan perhitungan rencana anggaran pelaksanaan digunakan harga dasar bahan dan harga upah pekerja di Kota Surakarta. Untuk penyusunan jadwal tiap item pekerjaan dilakukan dengan program bantu Microsoft Project. Hasil akhir dari penyusunan proyek akhir ini yaitu dapat memperoleh durasi dan biaya pelaksanaan Proyek Pembangunan Apartemen Solo Urbana Residence Tower D, metode pelaksanaan yang digunakan, serta kurva S. Dari hasil perhitungan waktu dan biaya yang telah dilakukan, didapatkan durasi pekerjaan selama 238 hari kerja dan biaya pelaksanaan sebesar Rp 14.431.833.878,63.

Keywords


Rencana Anggaran Pelaksanaan; Waktu Pelaksanaan; Half Slab; Kurva S

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung