Deteksi Citra dan Posisi Barcode Menggunakan Metode Oriented Fast and Rotated Brief (ORB) dan Maximally Stable Extremal Regions (MSER)

Hafizhal Tilaksono, Berlian Kindhi, Fivitria Istiqomah
Submission Date: 2022-02-14 15:41:46
Accepted Date: 2022-08-29 16:24:42

Abstract


Warehouse yang digunakan untuk tempat menyimpan barang yang di kirim dari produsen ke konsumen. Dari kondisi yang ada di lapangan, antara barang yang ada di warehouse dan catatan inventaris sering terdapat kesalahan. Kesalahan yang kerap terjadi adalah salah penempatan barang yang disebabkan oleh kelalaian yang dilakukan oleh operator disana. Hal ini kerap menyebabkan kekeliruan antara inventaris dalam warehouse dan catatan inventaris yang dimiliki. Dalam pengecekan inventaris yang ada pada warehouse masih menggunakan operator dalam mengecek tiap palet yang ada pada rak setinggi kurang lebih 10 meter. Hal ini membutuhkan waktu rata rata 8 menit untuk melakukan pengecekan dalam satu rak yang terdiri dari 12 barcode. Sistem ini dirancang untuk membantu penyelesaian masalah tersebut dengan membuat drone yang dapat melakukan pengecekan secara otomatis dan memindai barcode menggunakan image processing beserta metode ORB dan MSER untuk mengetahui posisi barang tersebut. Dari hasil yang didapat sistem ini berhasil membaca rata rata 12 barcode dalam 4 menit. Dari yang semula dalam pengecekan manual 12 barcode membutuhkan waktu 8 menit, menghasilkan selisih 4 menit dalam pengecekan 12 barcode.

Keywords


Warehouse; ORB; MSER; Barcode; Image Processing

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung