Analisis Panjang Span Maksimum yang Diizinkan Akibat Vortex Shedding Pada Riser KLB Platform

Rizka Fajri Hamzah, Rudi Walujo Prastianto, Daniel Muhammad Rosyid
Submission Date: 2022-07-26 10:03:16
Accepted Date: 2022-09-12 08:56:42

Abstract


Sistem pipa bawah laut/riser yang dipasang pada kedalaman tertentu di laut berkemungkinan mengalami kegagalan akibat beban hidrodinamik seperti gelombang dan arus, salah satunya dapat menyebabkan terjadinya Vortex Induced Vibration (VIV). Jika hal ini tidak dianalisis dalam tahap desain pipa/riser yang memiliki bentangan bebas (free span) maka sistem pipa tersebut dapat mengalami kegagalan. Dalam penelitian ini dilakukan analisis Maximum Allowable Free Span Length (MAFSL) pada riser KLB platform yang berlokasi di lepas pantai Jawa Barat sebelah utara sekitar 80-200 km timur laut Jakarta. KLB platform merupakan salah satu dari lima platform yang direncanakan oleh Pertamina Hulu Energi Offshore Northwest Java (PHE ONWJ) untuk dilakukan penggantian dan pemasangan jaringan pipa yang baru. Analisis MAFSL pada riser KLB platform yang memiliki ukuran diameter luar 323,9 mm dan panjang 1 km ini dilakukan dengan bantuan software MathCAD, serta berdasar code dan standard DNV RP C205 dan DNV 1981. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa panjang span dari titik clamp elevation 0,610 m ke -7,620 m yaitu 8,23 m masih aman karena nilainya tidak melebihi MAFSL yaitu 16,042 m dan dari titik clamp elevation -7,620 m ke -15,00m panjang span juga masih aman yaitu 7,38m karena tidak melebihi MAFSL yaitu 21,517 m.

Keywords


Vortex Induced Vibration (VIV); Free Span; In-line VIV; Cross-flow VIV; Riser; Maximum Allowable Free Span Length

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung